Merasa Tak Adil, Pembagian BLT Pengemudi Taksi Punggur Ricuh
Oleh : Pascall Rianghepat
Selasa | 21-04-2020 | 11:32 WIB
pembagian-blt-punggur1.jpg
Pembagian uang bantuan tunai langsung di Pelabuhan Telaga Punggur. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembagian dana bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pengemudi taksi di Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam, diwarnai aksi protes. Mereka menuding para pengurus sengaja tak memasukkan nama mereka untuk mendapatkan bantuan itu.

Para pengemudi yang tidak terdaftar marah dan menuding para pengurus sengaja tidak memasukkan nama mereka dalam data penerima BLT sebesar Rp 600 ribu selama 3 bulan.

Para pengemudi mengaku kecewa karena dari 135 anggota aktif, hanya ada 89 pengemudi yang mendapatkan BLT tersebut. Sementara, 46 orang lainnya tidak mendapatkan bantuan lantaran tidak terdaftar sebagai penerima BLT dari pemerintah.

Kekecewaan itu diungkapkan seorang pengemudi taksi di pelabuhan Telaga Punggur, Unedo, saat di konfirmasi BATAMTODAY.COM melalui selularnya, Selasa (21/4/2020).

Unedo mengatakan, ia bersama rekannya yang lain merasa kecewa karena para pengurus taksi di pelabuhan telaga punggur tidak bisa mengakomodir semua anggota untuk mendapatkan BLT tersebut.

"Kami merasa kecewa, karena semua pengemudi tidak mendapatkan BLT tersebut. Dari 135 anggota aktif, hanya ada 89 pengemudi yang mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah," kata Unedo.

Para pengurus, kata Unedo, berdalih dan mengatakan bahwa mereka yang mendapatkan BLT hanya para pengemudi atau anggota yang telah mengumpulkan Foto Copy KTP. Sementa yang tidak mengumpulkan tidak berhak mendapatkan bantuan itu.

"Alasan dari pengurus tidak masuk di akal. Soalnya, informasi pengumpulan Foto Copy dari awal hanya untuk pengemudi yang mempunyai tanggungan kredit di Bank. Maka dari itu, pengemudi yang tidak memiliki tanggungan kredit tidak mengumpulkan KTP yang di maksud," terang Unedo.

Alasan dari pengurus, sambungnya, tetap tak bisa diterima hingga nyaris terjadi bentrokan antara sesama pengemudi.

"Pada saat pembagian BLT, sesama pengemudi nyaris bentrok. Itu dipicu karena pembagian BLT tidak merata," pungkasnya.

Untuk diketahui, Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan bantuan sosial yang diberikan oleh Pemerintah untuk para pengemudi yang terdampak pandemi Virus Corona.

Editor: Yudha