Polisi dan BNN Tes Urine Awak Pesawat di Bandara Hang Nadim Batam
Oleh : Hadli
Selasa | 24-12-2019 | 11:40 WIB
tes-urine-pilot1.jpg
Sejumlah kru pesawat jalani tes urine di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri, BNNP Kepri serta Avsec Bandara Internasional Hang Nadim Batam melakukan pemeriksaan kepada sejumlah kru pesawat yang baru tiba di Bandara Hang Nadim Batam. Tes urine yang dilakukan dalam rangka menyambut Natal dan pergantian tahun 2019.

"Dalam rangka lalu lintas udara, kita bersama BNNP Kepri dan pihak bandara melakukan tes urine dalam rangka menjaga keselamatan penumpang," kata Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto saat memimpin pemeriksaan, Senin (23/12/2019).

Sampel urine yang diambil mendeteksi penggunaan amfetamin dan jenis narkoba lainnya. Pilot dan Co Pilot yang diperiksa dari 6 pesawat dan tim yang melakukan pemeriksaan dibagi empat group.

"Kita juga melakukan hal serupa di Pelabuhan Pelabuhan, untuk di Pelabuhan yang saya tekankan yakni pergunakan life jacket, kondisi cuaca, waspada terhadap calo dan kejahatan seperti hipnotis," ujar Kapolda.

Pemeriksaan dimulai pukul 10.45 Wib yang dimulai dari Pilot dan Co Pilot oleh group I pesawat Malindo Air MXD - 304. Selanjutnya Lion Air JT - 951 pukul 13.08 Wib. Group II melakukan pemeriksaan pada Wings Air IW - 1271 pukul 12.00 WIB dan Citilink QG - 933 pukul 12.52 WIB, Group III melakukan pemeriksaan pada Sriwijaya SJ - 033 pukul 12.22 WIB dan Group IV Lion Air JT - 988 pukul 12.29 WIB.

Terlihat proses pemeriksaan test urine ini berlangsung aman dan lancar. Dimana Pilot dan Co Pilot yang diperiksa semuanya terlihat santai dan terima saat akan dilaksanakan pemeriksaan yang berlangsung di dalam pesawat dan gedung Bandara Hang Nadim.

Kepala BNNP Kepri Brigjen Pol Richard Nainggolan mengatakan, apabila ada pilot yang kedapatan positif menggunakan narkoba maka pihaknya akan menindaknya sesuai dengan SOP yang berlaku.

"Tapi syukurnya hasilnya nihil," ujarnya.

Editor: Yudha