BPN Sebut Kedatangan Tim Saber Pungli Polda Kepri untuk Pencegahan
Oleh : Hendra
Kamis | 24-10-2019 | 18:04 WIB
saber-bpn.jpg
Tim Saber Pungli Polda Kepri saat meninggalkan Kantor BPN di Kecamatan Sekupang. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kedatangan Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polda Kepri ketiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kecamatan Sekupang disebutkan lebih bersifat pencegahan.

Hal ini disampaikan Yudi Hermawan, Kasi Infrastruktur Pertanahan BPN Batam mewakili Kepala Kantor BPN. Yudi menjelaskan, kedatangan ini sifatnya memang sejenis inspeksi dadakan (sidak), namun lebih kepada koordinasi dalam hal pencegahan.

"Kedatangan rekan-rekan kita dari Tim Saber Pungli sifatnya lebih pada koordinasi dalam hal pencegahan, apa yang harus dilakukan ke depannya, kegiatannya apa-apa saja. Sehingga ke depannya di BPN tidak ada yang terjadi kegiatan bernama pungli," ujarnya Kamis (24/10/2019) siang ini di halaman depan Kantor BPN, Sekupang.

Saat Tim Satgas Saber Pungli datang, terlihat semua Kasi dikumpulkan dan diberi pengarahan oleh Satgas, perihal apa saja yang boleh dilakukan dan vice versa (sebaliknya). "Sifat kedatangannya lebih kepada sejenis sidak gitu, sembari melihat seperti apa gitu pelayanan BPN. Apa telah sesuai prosedur berlaku," lanjutnya.

Sekalian kata Yudi, Tim Saber memberitahu kepada pegawai, kalau terjadi sesuatu ke depannya yang menyalahi prosedural, Saber Pungli tidak ingin disalahkan.

"Mereka juga menanyakan perihal prosedur yang ada, bagaimana cara pendaftaran tanah di BPN. Baik dari yang awal sampai yang terakhir, itu adalah titik terakhir di BPN, karena BPN itu sifatnya hanyalah pencatatan," ungkapanya.

Terakhir, apapun yang dikeluarkan untuk permohonan dalam sertifikat, kata Yudi itu setelah adanya rekomendasi dari BP Batam baru kemudian BPN bisa menerbitkan sertifikat, begitu sebaliknya.

Di tempat yang sama, AKBP Marsigit Kurniawan, Kasubdit Babinkamtibmas Polda Kepri selaku pimpinan Tim Saber Pungli yang mengadakan kunjungan di 4 instansi yakni; BPN Batam, Disdukcapil, DLH Batam dan Kantor Kecamatan Sekupang. Secara singkat mengatakan kedatangan mereka lebih bersifat pada pencegahan.

"Dalam kunjungan kita hari ini, kita datang untuk melakukan pencegahan, karena hal ini lebih baik dari pada kejadian," pungkasnya.

Editor: Gokli