Hujan Turun Disaat Panas, Ini Penjelasan BMKG Batam
Oleh : Hendra
Selasa | 14-05-2019 | 18:28 WIB
hujan-lokal-btj.jpg
Saat sejumlah pengendara kelabakan cari tempat berteduh karena hujan lokal secara tiba-tiba, Selasa (14/5/2019). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca di Kota Batam memang sulit diprediksi. Bahkan, disaat panas, hujan pun bisa turun secara tiba-tiba.

Fenomena ini bukan hal langka di kota yang tak mengenal musim pancaroba ini, atau yang juga tak memiliki musim hujan maupun kemarau alias Zona Non Musim (ZNM). Seperti yang terjadi hari ini, Selasa (14/5/2019) di wilayah Kecamatan Sagulung dan Batuaji. Sekita hujan turun mendadak meski saat itu sedang panas, sehingga mendadak para pengendara kelabakan mencari tempat untuk berteduh.

Suratman, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Batam kepada BATAMTODAY.COM mengatakan, hal itu semua dikarenakan Batam masuk pada Non Zona Musim. Hal inilah yang terkadang menyebabkan Batam sering dilanda hujan dadakan.

"Perlu kita ketahui bahwa wilayah Batam sendiri tidak memiliki musim hujan maupun kemarau karena masuk dalam kawasan Non Zona Musim," ujarnya.

Suratman mengatakan, kondisi non zona musim ini bukan merupakan pertanda musim pancaroba, yang notabenenya merupakan masa peralihan antara musim hujan dan kemarau. Di mana untuk wilayah Kota Batam secara umumnya memiliki 2 puncak hujan dalam 1 tahun, yakni sekitaran bulan Desember dan Mei.

"Dengan demikian, pada bulan Mei secara umum intensitas curah hujan yang terjadi di wilayah Kota Batam akan cenderung meningkat, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya," lanjutnya.

Suratman mengatakan, hujan yang cenderung terjadi secara mendadak di Kota Batam normalnya disebut dengan hujan lokal, dikarenakan awan penyebab hujan tersebut tidak terlalu besar sehingga berlangsung cepat dan mudah terbawa/bergerak sesuai dengan arah angin.

"Karena kondisi seperti ini, kami mengimbau agar masyarakat lebih waspada dalam perjalanan, perhatikan fenomena perubahan cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu, ikuti terus informasi cuaca dari BMKG melalui website, radio, WA grup dan media sosial lainnya. Terakhir jangan lupa persiapan jas hujan di motor meski saat itu tidak hujan," tutupnya.

Editor: Gokli