4 Gereja Jadi Perhatian Khusus Ops Lilin pada Malam Natal di Kepri
Oleh : Hadli
Rabu | 19-12-2018 | 09:04 WIB
ops-lilin-18.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 499 Gereja di Kepri yang akan mendapat pengamanan natal oleh petugas gabungan yang dipimpin Polda Kepri dalam Operasi Lilin 2018. Empat Gereja di antaranya mendapat perhatian khusus.

"Ada empat Gereja yang kita lakukan pengamanan maksimal, sebab pernah terjadi ledakan bom," ujar Kepala Perencanaan Pengendalian Operasi Daerah (Karendalopsda) Polda Kepri, Kombes Pol Yerry Oskag usai Rakor lintas sektor dalam Pam Natal yang dilaksanakan di Gedung Lancang Kuning (GLK) Polda Kepri, Selasa (18/12/2018).

Rakor diikuti jajaran TNI, serta stakholder dan 47 intansi terkait. Adapun poin-poin yang disampaikan mulai dari kesiapan pasukan, pos pelayanan dan pos pengamanan, serta tempat ibadah bagi umat Nasrani yang merayakan natal.

Gereja yang menjadi prioritas pada saat malam natal di antaranya Gereja Katolik Beato Damian Bengkong, Gereja Katolik Protestan Simalungun Sungai Panas, Gereja Bethany Lantai 2 Gedung My Mart Batam Center, serta Gereja Pantekosta Indonesia.

Yerry menuturkan, wilayah Polda Kepri termasuk dalam sekala prioritas kedua. Sedangkan Polda yang berada di daerah Pulau Jawa, dan Sumatera yang memiliki ruas jalan tol masuk dalam sekala prioritas pertama.

"Pam sebenarnya sudah dilakukan sejak (12/12/2018) kemarin. Karena beberapa gereja sudah melaksanakan misa. Kalau secara nasional pengaman natal dan tahun baru ini selama 10 hari. Mulai (23/12/2018) sampai (01/01/2019) pukul 01.00 WIB," tuturnya.

Yerry juga menyebutkan, akan mengirim 235 pasukan Brimob yang disebar di tiap Polres. Di mana untuk BKO pasukan Brimob ini dari satuan anti teror, dan penjinak Bom akan melakukan sterilisasi sebelum natal.

Editor: Gokli