Hasil Kunjungan Kapolda Kepri ke Posko Pengamanan Arus Mudik

3 Awak Kapal Rute Batam-Tanjung Batu di Sekupang Positif Narkoba
Oleh : Hadli
Rabu | 06-06-2018 | 20:04 WIB
didid-nurdin-richard.jpg
Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Kapolda Irjen Pol Didid Widjanardi, Kepala BNNK Richard Nainggolan, Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan rombongan pejabat lainnya saat meninjau posko pengamanan mudik di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (6/6/2018). (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Irjen Pol Didi Widjanardi mengunjungi langsung posko pengamanan dan pelayanan arus mudik di Batam, usai memimpin apel gelar pasukan Opersi Ketupat di Dataran Engku Putri, Batam Center, Rabu (6/6/2018).

Didampingi Gubernur Kepri, Kepala BNNP Kepri, Wali Kota Batam serta Pejabat Utama Polda Kepri kunjungan kesiapan PAM personil langsun menuju Posko Pelabuhan Domestik Sekupang. Kapolda beserta rombongan berinteraksi dengan beberapa orang penumpang dan melaksanakan pengecekkan alat-alat keselamatan di kapal.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Kepri juga meninjau kesiapan tim gabungan BNNP Provinsi Kepri, Bid Dokkes Polda Kepri, Dit Resnarkoba Polda Kepri melakukan tes urin kepada kapten dan awak kapal guna memastikan keselamatan penumpang.

Tiga orang awak kapal dinyatakan positif menggunakan narkotika golongan I. Di antaranya dua orang menggunakan sabu dan satu orang lainnya menggunakan ekstasi.

"Masih dalam pengembangan. Identitasnya juga belum boleh disebutkan," ujar Kepala BNNP Kepri, Brigjend Pol Richard Nainggolan.

Ketigan pria positif narkoba merupakan ABK kapal rute Batam-Tanjunbatu, Kabupaten Karimun. "Kapal dan namanya belum boleh, tetapi mereka rute Batam-Tanjungbatu," kata Ricard kembali.

Rombongan juga melakukan kunjungan ke Posko pengamanan dan pelayanan Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Tes Urin dilakuka kepada pilot dan wak pesawat. "Ada delapan pesawat yang akan dilakukan pemeriksaan kepada pilot dan pramugari hari ini dan nanti," ujar Ricard kembali.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso mengatakan dari 8 pesawat yang dilakukan test urine tidak ada didapati positif menggunakan narkoba.

"Ada 8 yakni Garuda 1, Sriwijaya 1, Wings 1, Citilink 1 dan Lion Air 4, dan negatif semua," tutupnya.

Editor: Gokli