Kapolda Kepri Tekankan Jajarannya Gunakan Anggaran Sesuai Kebutuhan
Oleh : Hadli
Rabu | 30-05-2018 | 20:04 WIB
kapolda-buka-musrenbang.jpg
Kapolda Irjen Pol Didid Widjanardi usai membuka Musrenbang Polda Kepri dan jajaran Polres/Polresta di Hotel Golden View, Bengkong. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri akan meningkatkan sarana dan prasarana pembangunan pada tahun 2019 mendatang guna menunjang mutu pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Haryadi usai membuka Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Polda Kepri yang diikuti jajaran Polres/Polresta.

Menurutnya, penggunaan anggaran Polri harus sesuai dengan kebutuhan. "Musrenbang Polri yang disusun sesuai dengan kebutuhan. Karena tiap wilayah masing-masing Polda memiliki wilayah dan permasalahan serta kebutuhan yang berbeda-beda," ujarnya di Golden View, Bengkong, Rabu (30/5/2009).

Ditegaskan, penyusunan kebutuhan anggaran pada tahun 2019 nanti sudah harus tepat sasaran. Sehingga tidak ada lagi terjadi perubahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pada saat pelaksanaannya.

"Jadi semuanya harus sudah matang dalam penyusunan anggaran. Artinya, jika terjadi revisi DIPA kembali sama saja kita tidak provesional dalam penggunaan anggaran. Untuk itu, tahun 2019 semua Kementerian dan Lembaga sudah harus menyusun anggaran," ungkap Kapolda.

Digambarkan Kapolda, peningkatan kebutuhan kinerja Polda Kepri, misalnya, memiliki luas wilayah giografis kelautan mencapai 95 persen dari daratan. Sehingga perlu dilakukan peningkatan pelayanan penegakan hukum menangggi kasus peredaran narkoba.

"Misalnya dari pengungkapan sabu 1,6 ton dan kasus lainnya, kebutuhan apa yang kurang akan ditingkatkan lagi," terang Didid.

Kebutuhan menunjang lainnya, yakni Kepri memiliki SPN Tanjung Batu di Kabupaten Karimun, peningkatan era teknologi dibutuhgkan operator IT yang memadai. Kebutuhan yang dinilai perlu dan wajar nanti akan ditingkatkan dalam memenuhi pelayanan kepada masyarakat.

Ditambahkan, pada tahun 2019 mendatang wilayah hukum Polda Kepri termasuk Polda di wilayah lain se-Indonesia akan menghadapi Pemilu serentak. Sesuai dengan tema Musrenbang ini revormasi birokrasi Polri untuk menjaga stabilitas pengamanan Pemilu di seluruh Indoinesia, khususnya Kepri.

"Dengan demikian, kami bertekat untuk lebih baik lagi dalam rangka menyusun anggaran yang lebih kompeten," tutup Kapolda.

Editor: Gokli