Pengungkapan di Nongsa, Polisi Amankan 9 'Pemain' TKI Ilegal
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 03-05-2018 | 10:40 WIB
puluhan-tki.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Macan Polresta Barelang, gabungan Unit Buser dan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polresta Barelang, berhasil meringkus sembilan orang terindikasi sebagai 'pemain' TKI ilegal.

Ke-9 orang terduga pemain TKI ini (8 laki-laki dan 1 perempuan) diamankan dalam pengungkapan kasus TKI di Pantai Bale-bale, Kecamatan Nongsa, Kamis (3/5/2018) subuh sekira pukul 04.00 WIB.

Mereka memiliki peran masing-masing. Ada yang menjadi bos penyalur TKI, sopir penjemput, dan bahkan seorang wanita yang diamankan menjadi money charge jika ada para TKI ingin menukarkan uang.

Saat ini, mereka yang diamankan masih menjalani pemeriksaan di unit PPA. Namun, BATAMOTODAY.COM, belum mendapatkan keterangan lebih lanjut terkait identitas ke-9 orang itu.

Sementara para TKI ilegal yang diperkirakan berjumlah lebih dari 70 orang sudah berada di Mapolresta Barelang untuk dimintai keterangan, sebelum nantinya dikoordinasikan dengan Dinas Sosial untuk kepulangan mereka ke daerah masing-masing.

"Kami masih menunggu dipanggil satu per satu untu dimintai keterangan. Kami ikut saja," ungkap salah seoarang TKI di Maposlresta Barelang, Kamis (3/5/2018) pagi.

Sebelumnya, unit Buser bersama Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Barelang berhasil mengungkap sindikat penyalur TKI ilegal.

Pengungkapan itu, dilakukan saat sindikat tersebut berusaha menurunkan para TKI ilegal di kawasan Pantai Bale-bale, Kamis (3/5/2018) subuh, sekitar pukul 04.00 WIB.

Editor: Gokli