APFI 2018 Batam Hadirkan Kategori Multimedia Digital Story Telling Terbuka Ketegori Umum
Oleh : CR-17
Senin | 22-01-2018 | 14:14 WIB
apfi-2018-1.jpg
Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) tahun 2018.

BATAMTODAY.COM, Batam - Asosiasi Pewarta Foto Indonesa (PFI), kembali menggelar Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) tahun 2018. Tidak hanya ditujukan bagi para pewarta foto di media massa, dalam kegiatan akbar yang akan digelar di Kota Batam pada 27 April 2018 mendatang, juga dibuka untuk kategori Citizen (Umum).

"Event ini menjadi kebanggaan buat teman-teman di PFI Kepri, karena Batam bisa menjadi tuan rumah dalam Event berskala nasional ini," ujar Ketua PFI Kepri, Tommy Purniawan, Senin (22/1/2018).

Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2018 ini, akan diikuti para pewarta foto dari seluruh Indonesia. Dimana nantinya akan diadakan pameran foto, yang akan mengambil tempat di Dataran Engku Putri, Batam Center. "Untuk malam penganugerahannya sendiri, kami rencanakan akan diadakan di Gedung Astaqa MTQ. Akan mengangkat tema bernuansa Melayu," lanjutnya.

Untuk perlombaan foto akan dibagi dalam 3 kategori. Dimana kategori pertama dikhususkan bagi para Pewarta foto media massa, kemudian kategori citizen, serta digital story telling untuk kategori multimedia. "Untuk semua kategori para peserta tidak akan dikenakan biaya apapun. Dan untuk setiap karya yang akan dilombakan, haruslah setiap peristiwa yang terjadi sejak awal tahun 2018," ujarnya.

Namun untuk Anugerah Pewarta Foto tahun ini, Pewarta Foto Indonesia (PFI) menghadirkan kategori baru yakni Kategori Digital Digital Story Telling. "Untuk kategori ini karena masuk kategori multimedia, kita inginkan hasil karya seperti feature namun berbentuk video pendek," tambah Ketua Panitia APFI 2018, Imanuel Sembayang.

Tidak berbeda jauh dengan karya foto yang akan dinilai oleh dewan juri, nantinya video yang diwajibkan berdurasi maksimal 3 menit ini juga harus menjunjung etika jurnalistik. "Untuk kategori ini sendiri sudah dua kali kita lombakan, dan ternyata banyak peminatnya diluar lomba foto yang kita laksanakan setiap tahun nya," ucapnya.

Imanuel menambahkan, untuk APFI 2018 ini juga melombakan untuk story telling kategori foto. "Nah untuk yang ini para peserta bisa untuk kategori pewarta dan citizen. Storry telling foto ini untuk satu karya, minimal melampirkan 3 foto dan maksimal 10 foto," terangnya.

APFI 2018 menargetkan peserta dari seluruh Indonesia, bagi para pecinta fotography bisa langsung langsung membuka berikut ini http://bit.ly/2B4bwV9 untuk persyaratan dan ketentuan lomba.

Editor: Yudha