Bertambah 1 Kasus Covid-19 di Anambas, Punya Riwayat Perjalanan ke Luar Daerah
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 02-12-2020 | 08:53 WIB
sahtiar-anambas-new12.jpg
Ketua Pelaksana Harian Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pasien covid-19 di Kepulauan Anambas bertambah 1. Hal tersebut merupakan hasil pengembangan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dari pasien 44.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar menyampaikan, SD (30) menjadi pasien 45 usai dinyatakan terkonfirmasi positif, sesuai hasil swab dengan metode RT PCR.

"Pasien 45 ini tidak memiliki riwayat perjalanan luar daerah, namun yang bersangkutan memiliki kontak erat dengan pasien 44. Dan ketika dilakukan pemeriksaan swab, hasilnya positif. Saat ini pasien masih dirawat di RSUD Tarempa," ujar Sahtiar, Selasa (1/12/2020).

Sahtiar menambahkan, pasien 45 tersebut merupakan pegawai honorer di Syahbandar Pelabuhan Tarempa. Untuk itu, pihaknya melakukan pemeriksaan kepada seluruh pegawai Syahbandar serta melakukan tracing terhadap keluarga pasien.

"Saat ini kita masih melakukan pengembangan terhadap pasien 45, baik itu di tempat beraktivitas maupun tempat tinggal," jelasnya.

Sahtiar tetap mengimbau masyarakat agar memiliki tanggungjawab bersama dalam memutus mata rantai covid-19 di Kepulauan Anambas.

"Caranya yaitu masyarakat harus disiplin terhadap protokol kesehatan, menggunakan masker, tidak bersalaman, menghindari kerumunan dan mencuci tangan. Dan yang terpenting, kita harus tetap menjaga kesehatan," jelasnya.

Editor: Yudha