Dampak Super Moon, BMKG Tarempa Prediksi Anambas Terjadi Banjir Rob
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 30-01-2018 | 11:02 WIB
banjir-di-anambas.jpg
Banjir di Desa Ulu Maras Kecamatan Jemaja Timur, Anambas. Hujan lebat membuat dua sungai meluap hingga ke desa ini. Kondisi ini ditambah dengan air laut yang sedang pasang (Sumber foto: tribunnews.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa mengimbau seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas waspada terhadap Dampak Super Moon yang berpotensi menyebabkan banjir rob (genangan air laut di darat) setinggi 1 meter.

"Pantauan dari BMKG, akan terjadi banjir rob ketika air laut pasang. Ini merupakan dampak dari Super Moon. Dan diprediksi fenomena ini terjadi selama tiga hari (30 Januari hingga 1 Februari)," ujar Prakirawan BMKG Tarempa, Samuel Susanto Sidauruk, Selasa (30/1/2018).

Samuel mengimbau, masyarakat yang berada di pesisir laut agar tetap waspada terhadap keadaan tersebut. Bahkan, dia juga berpesan bagi transportasi laut untuk tetap waspada. Pasalnya, gelombang tinggi akan mencapai hingga 2,5 meter akibat angin kencang.

"Kondisi pasang ini diprediksi gelombang akan mencapai 2,5 meter karena adanya angin kencang. Untuk itu kepada seluruh warga yang berada di pesisir laut dan pengguna transportasi laut tetap waspada," imbaunya.

Dia menuturkan, kondisi cuaca dari tanggal 30 Januari hingga 1 Februari berawan dan akan terjadi hujan ringan, kecepatan angin rata-rata 20-40 km/jam dari Utara ke Timur Laut. "Ini adalah hasil pantauan kami," tuturnya.

?Editor: Udin