Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Apresiasi Perayaan May Day Berjalan Tertib

Oka Simatupang Optimis Kawasan Industri Batamindo Bangkit
Oleh : CR-14
Senin | 01-05-2017 | 16:14 WIB
Oka-Simatupang-400x192.gif Honda-Batam

Ketua Himpunan Kawasan Industri (KHI) Kepri, OKA Simatupang (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri, OKA Simatupang, mengapresiasi peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day 2017 yang berjalan tertib di Kota Batam, terutama di dalam kawasan Batamindo Industrial Park (BIP). Menurutnya, situasi yang aman ini menjadi salah satu alasan investor mau menanamkan modal di Batam.

"Nanti foto-foto kegiatan ini akan kita kirimkan ke investor biar mereka tahu, Batam aman," ujarnya saat menghadiri acara Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Batam merayakan Hari Buruh di Kawasan Industri Batamindo, Senin (1/5/2017).

Ia mengatakan, kawasan industri menjadi ujung tombak perekonomian setiap bangsa. Saat ini, ada dua investor yang akan menanamkan modalnya di Batam.

"Tapi mereka masih bertanya, bagaimana kondisi di sana. Buruh kalian aman tidak?" menirukan pertanyaan para investor yang dimaksudkannya.

Meskipun kondisi industri di Batam saat ini sedang lesu, kata Oka lagi, namun ia tetap optimis, kawasan industri bisa bangun dan bangkit lagi. Ia juga mengatakan, banyaknya pengangguran saat ini harus menjadi perhatian bersama.

"Kelihatannya saja pencari kerja gayanya keren. Padahal belum tentu mereka udah makan," ujarnya lagi.

Mengenai dualisme yang selama ini terjadi antara BP Batam dengan Pemko Batam, ia tak menampik itu terjadi di lapangan. Meski begitu, selama ini pengusaha tetap bisa bertahan dan berjalan.

"Kalau dualisme nggak perlu dijelaskan lagi lah, siapapun di Batam ini tahu itu. Nanti oke di sini, nggak tahunya nggak oke di sana. Tapi selama ini pengusaha bertahan dan tetap jalan saja, meski memang yang kita alami itu akhirnya menghambat laju investasi," ujarnya.

Editor: Udin