Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tolak Doorprize, Ribuan Buruh Pilih Demo di Depan Kantor Wali Kota Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 01-05-2018 | 13:04 WIB
buruh-tolak-doorprize.jpg Honda-Batam
Ribuan buruh demo di depan Kantor Wali Kota Batam pada May Day 2018. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan buruh dari sejumlah serikat pekerja/buruh memilih tetap melanjutkan demo di depan Kantor Wali Kota Batam, dibanding menerima doorprize yang telah disediakan Pemko, Selasa (1/5/2018) di Jalan Engku Putri, Batam Center.

Ribuan buruh itu terdiri dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI). Mereka datang ke Jalan Engku Putri dengan mengendarai sepeda motor dan sebagain berjalan kaki sambil membawa belasan spanduk sekitar pukul 11.00 WIB.

Saat tiba di depan alun-alun, tepatnya depan panggung, buruh tetap menuju kantor Wali Kota Batam yang sudah disiapkan kawat berduri. "Bongkar saja panggungnya," teriak buruh sambil menuju Kantor Wali Kota Batam.

Dalam orasinya, seorang buruh menyatakan May Day bukan hari untuk bersenang-senang. Tetapi Hari Buruh Sedunia adalah untuk memperjuangkan hak yang sampai saat ini belum terpenuhi oleh pemerintah.

"Kita bukan di sana (panggung), tetapi kita di sini (depan Kantor Wali Kota Batam) menuntut kesejahteraan buruh," pungkasnya.

Sampai dengan siang ini, buruh masih menyampaikan aspirasi kepada pemerinta, seperti melokal Perpres 20/2018 tentang TKA dan PP 78/2015 tentang pengupahan.

Editor: Gokli