Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Lingga Faktualkan Kepengurusan Partai Solidaritas Indonesia
Oleh : Bayu Yiyandi
Rabu | 20-12-2017 | 08:00 WIB
KPU-Lingga.jpg Honda-Batam
Verifikasi faktual lapangan oleh KPU Lingga ini juga dihadiri Komisioner Panswalu Lingga Bidang Pencegahan (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang ada di Lingga, Selasa (19/12/2017) sore.

Ketua Divisi Hukum KPU Lingga, Irham, yang memimpin verifikasi itu menjelaskan, tugas verifikasi dari KPU ini ialah untuk mengecek secara langsung di lapangan terkait kepengurusan partai tersebut.

"Jadi faktual yang kita lakukan hari ini ialah mengecek keberadaan kantor PSI itu sesuai domisilinya atau tidak," kata Irham



Kemudian dilanjutkan dengan kepengurusan inti baik Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Keterwakilan perempuan apakah sudah mencapai 30 persen.

"Hasil pemeriksaan tadi mereka sudah memenuhi syarat atau sudah lengkap. Ini nanti akan kita pleno kan. Karena masih ada satu partai lagi yakni Partai Perindo yang segera kita lakukan faktual juga," terangnya

Sementara itu, Ketua DPD Partai Solidaritas Kabupaten Linggga, Yudistiar Hermansyah, mengatakan terkait tahapan verifikasi faktual yang dilakukan KPU Lingga ini sudah tidak menjadi kekhawatiran bagi dirinya.



Sebab, dari awal tahapan hingga masuk tahapan ini, PSI dikatakannya sudah memenuhi apa yang menjadi permintaan KPU.

"Kita tidak khawatir lagi, karena kita rasa semua persyaratan sudah kita lengkapi," kata Yudis singkat

Untuk verifikasi faktual lapangan oleh KPU Lingga ini juga dihadiri Komisioner Panswalu Lingga Bidang Pencegahan yang ikut mengawasi pelaksanaan verifikasi faktual kepengurusan parpol yang diverifikasi.

Editor: Udin