KM Sukses Bahagia 89 Tenggelam di Pulau Semukit Batam, 5 Kru Selamat
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 28-10-2017 | 15:14 WIB
Basarnas-Tanjungpinang11.gif
Tim Basarnas Tanjungpinang. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapal KM Sukses Bahagia 89 yang berlayar dari Pelabuhan Dompak Tanjungpinang menuju Tanjungbalai Karimun tenggelam di Perairan Pulau Semukit Kecamatan Galang Batam, Jumat (27/10/2017) pukul 18.00 WIB. Lima kru kapal ditemukan selamat.

Adapun kru kapal yang selamat dalam kejadian ini antara lain Zahari (36)?, Mariandi (28), Asep Saputramiadi (32), M. Yusuf (23) dan Darmawan (58).

Kepala Badan SAR Nasional Tanjungpinang Djunaidi melalui Kepala Seksi Operasi Badan SAR Nasional Tanjungpi Eko Suprianto membenarkan kejadian tersebut berdasarkan hasil koordinasi dengan Sat Polair Polresta Barelang.

"Berdasarkan koordinasi kita dengan Satpol Air Polresta Barelang, seluruh kru kapal ditemukan dalam keadaan selamat. Dalam hal ini Basarnas Tanjungpinang hanya memantau dan koordinasi saja," ujar Eko, Sabtu (28/10/2017).

Berdasarkan laporan yang diperoleh Basarnas Tanjungpinang, kronologis tenggelamnya Kapal KM Sukses Bahagia 89 milik Aliang warga Tanjungpinang yang dinahkodai Zahari dari Pelabuhan Dompak menuju Tanjungbalai Karimun. Setelah sampai di Perairan Pulau Semukit Kecamatan Galang, kapal terkena arus kuat sehingga oleng dan tenggelam.

"Sampai di Perairan Pulau Semukit Kecamatan Galang, kapal terkena arus kuat sehingga oleng dan tenggelam," ucapnya.

Diketahui kapal ini bermuatan susu cair, pempers, ikan sarden kaleng, biji plastik, tikar, getah, alat sembahyang cina, tali rafia, pelampung jaring, alat bangunan, gelas, piring dan alat pecah belah rumah tangga.

"Walaupun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun diketahui kerugian materi sekitar Rp 1 miliar," pungkasnya.

Editor: Yudha