Pemprov Kepri Diminta Manfaatkan Program Mahasiswa Magang di Jepang
Oleh : Ismail
Selasa | 11-04-2017 | 13:02 WIB
komisiII-1.jpg

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Riau Ing Iskandarsyah. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk menekan angka pengangguran di Kepulauan Riau, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Riau Ing Iskandarsyah meminta Pemerintah Provinsi Kepri memanfaatkan Program Magang bekerja di Jepang selama 3 tahun.

Program tersebut, dikatakannya, merupakan salah satu program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja RI (Kemenaker) yang memberikan kuota kepada masing-masing Provinsi se Indonesia.

"Setiap tahun kita dapat kuota sekitar 200 orang, sayang kalau ini tidak dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah," kata Iskandarsyah, Selasa (11/4/2017).

Ia menjelaskan, program magang di Negara Sakura yang diusung Kemenaker RI tersebut diperuntukan kepada mahasiswa berprestasi dan para siswa SMK bidang teknik. Yang kemudian akan ditempatkan di perusahaan-perusahaan teknik yang ada di Jepang.

Penghasilannya pun, lanjut Iskandarsyah, terbilang cukup besar. Yakni berkisar Rp 20-30 juta rupiah jika termasuk bonus dan lembur. Soal tempat tinggal pun sudah disediakan.

"Penghasilan yang terbilang lebih itu bisa dikirim buat orang tua di kampung dan secara otomatis dapat menopang ekonomi masyarakat kepri," bebernya.

Editor: Yudha