Nuryanto Gandeng BIG Susun Peta Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 11-02-2016 | 11:47 WIB
mou-nuryanto-BIG.jpg
Penjabat Gubernur Kepri, Nuryanto menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Informasi Geospasial untuk penyusunan peta Kepulauan Riau. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM - Di akhir masa jabatannya sebagai Penjabat Gubernur Kepri, Nuryanto menjalin kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG), Rabu (10/2/2016). Kerjasama strategis ini cukup fundamental karena dapat memberikan gambaran jelas tentang peta wilayah Kepri secara utuh.

"Kami berharap kerjasama ini dapat membuat Kepri memiliki peta dasar tentang batas wilayahnya," kata Nuryanto di Kantor BIG. Hal ini menjadi sangat penting, mengingat Kepri terletak di beranda depan Indonesia.

"Kami punya 19 pulau terdepan. Delapan pulau tersebut berbatasan dengan Malaysia, empat pulau berbatasan langsung dengan Singapura dan sisanya Vietnam," jelasnya.

Belum lagi, perbatasan antara satu kabupaten dengan Kabupaten lainnya. "Dengan adanya peta dasar ini, dapat mencegah, konflik internal dan nasional. Serta juga bisa mencegah pertikaian perbatasan nasional dan internasional," yakin Nuryanto.

Di tempat yang sama, Kepala BIG Priadi Kardono mengatakan siap menyediakan peta wilayah bagi Kepri. "Meskipun tantangannya cukup sulit, karena pulaunya kecil-kecil. Namun demikian, dengan adannya peta batas ini, akan menyelesaikan batas wilayah secara akurat," jelas Kardono.

Dengan adanya peta batas desa, maka batas kecamatan dan batas kabupaten akan selesai. "Sehingga, perencanaan pembangunan kedepannya dapat lebih akurat," tegasnya.

Hadir dalam penandatangan kerjasama ini Kepala Biro Pemerintahan Misni, anggota DPRD Kepri Sarafuddin Aluan.

Editor: Dodo