BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Buruk

Gelombang Tinggi dan Angin Kencang, Fery Tujuan Malaysia Kembali ke Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 08-02-2016 | 15:20 WIB
mv-marina-tanjungpinang.jpg
Kapal Ferry MV Marina tujuan Malaysia yang kembali ke Tanjungpinang akibat cuaca buruk di tengah perjalanan. (Foto" Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Akibat angin kencang dan gelombang tinggi disertai arus laut yang deras, Fery MV Marina yang berlayar dari Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang menuju Malaysia, terpaksa kembali karena dihantam ombak tinggi di Perairan Tanjungban pada Senin (8/9/2016) sekitar pukul 14.00 WIB. 

Kapal ferry dengan 69 penumpang yang terdiri dari 28 orang WNI dan 41 orang warga Malaysia ini berangkat dari Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang sekitar pukul 13.00 WIB‎. Namun sekitar satu jam lebih melakukan pelayaran, kapten kapal menghubungi Syahbandar dan otoritas Pelabuhan Sri Bintan Pura, kalau kapal tersebut akan kembali ke Tanjungpinang karena tidak mampu untuk berlayar dan dihantam gelombang tinggi disertai angin yang sangat kencang di perairan Tanjunguban menuju perbatasan Malaysia. 

"Baru saja kami dapat info, katanya 'patah balik', karena kapten kapal tidak sanggup melanjutkan perjalanan," kata Staf Keselamatan Pelayaran Administrator Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, A. Martawilaya kepada BATAMTODAY.COM.

Dia juga mengatakan untuk menjaga keselamatan pelayaran, dan memonitor kondisi cuaca di perairan laut, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

"Selain melakukan koordinasi, kami juga memastikan dan memberitahukan pada kapten, mampu berlayar atau tidak. Kalau dia katakan mampu, kami persilakan," ujarnya. 

BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Buruk
Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kepulauan Riau, mengeluarkan peringatan dini terhadap cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang, gelombang laut yang tinggi, disertai dengan angin kencang dan arus laut yang kuat untuk hari ini hingga besok.

"Waspada hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada malam, dini hari dan menjelang pagi untuk wilayah Batam, Tanjungpinang, Bintan, Daik Lingga Dan Tanjung Balai Karimun," demikian pernyataan dalam situs BMKG Kepri.

Untuk aktivitas kelautan BMKG juga mengimbau agar awak transportasi dan masyarakat nelayan yang berlayar untuk lebih berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi, angin kencang disertai arus laut yang kuat terutama di wilayah perairan Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas.

Editor: Dodo