BPBD Tanjungpinang Imbau Masyarakat Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 22-06-2024 | 17:08 WIB
BPBD-Tpi1.jpg
Masyarakat Tanjungpinang diminta waspada hujan deras dan angin kencang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang, Muhammad Yamin, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak sepekan terakhir di wilayah Kota Tanjungpinang.

"Warga diimbau waspada dan hati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem saat ini. Kondisi ini dapat mengakibatkan bencana seperti banjir, pohon tumbang, serta tanah longsor akibat kikisan air hujan," kata Yamin, Sabtu (22/6/2024).

Yamin meminta agar masyarakat peduli dan saling membantu jika terjadi bencana yang tidak diinginkan serta segera menghubungi BPBD di nomor telepon 0771-20949, dan kelurahan setempat.

"Masyarakat diharapkan saling membantu apabila terjadi bencana," tambahnya.

Yamin juga mengimbau masyarakat di wilayah pesisir untuk waspada terhadap angin kencang atau puting beliung serta air pasang laut. Kombinasi ini, ditambah dengan curah hujan yang tinggi, dapat mempercepat terjadinya bencana banjir pesisir.

Sebagai langkah antisipasi, masyarakat diimbau untuk mematikan aliran listrik PLN saat banjir, mengamankan alat-alat elektronik, serta menyimpan berkas-berkas penting seperti ijazah dan surat-surat berharga di tempat yang aman.

"Hati-hati juga terhadap hewan reptil seperti ular dan buaya. Semoga kita semua terhindar dari bencana yang tidak diinginkan," tutupnya.

Editor: Yudha