Polresta Tanjugpinang Rubah Lintasan Praktik Uji SIM
Oleh : Devi Handiani
Senin | 07-08-2023 | 16:04 WIB
Lintasan-Uji-SIM1.jpg
Lintasan Praktik Uji SIM Sat Lantas Polresta Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Satuan Lalu Lintas Polresta Tanjungpinang laksanakan perubahan lintasan praktik uji SIM. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari perubahan bentuk uji praktik SIM yang ditetapkan oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri),Senin (7/8/2023).

Adapun perubahan yang dilakukan dalam uji praktik SIM adalah Lintasan, kini telah diubah menjadi sebuah sirkuit yang mampu mengakomodasi 4 materi ujian praktik, meningkatkan kesan nyata menghadapi situasi lalu lintas yang lebih beragam.

Kemudian penghilangan Materi Zig-Zag atau Slalom Test. Keputusan ini bertujuan untuk fokus pada keterampilan dasar pengendara dalam menghadapi lalu lintas sehari-hari.

Penggantian Uji Membentuk Angka 8 dengan Uji Membentuk Huruf S. Dimana proses uji membentuk angka 8 yang sebelumnya digunakan untuk menguji keterampilan handling kendaraan telah digantikan dengan uji membentuk huruf S, perubahan ini dirancang untuk mengevaluasi kemampuan calon pengendara dalam menguasai kendaraan saat berkendara dalam kurva.

Memperlebar ukuran lintasan yang semula hanya 1,5 kali lebar kendaraan kini diperlebar menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kondisi yang lebih aman bagi calon pengendara dalam menguji kemampuan bermanuver kendaraan.

Kasat Lantas Polresta Tanjungpinang Kompol Reza Anugrah Arief Perdana bertindak sebagai penanggung jawab dalam perubahan lintasan praktik uji SIM tersebut. Pihak kepolisian dan petugas Satlantas Tanjungpinang telah melakukan persiapan yang matang untuk memastikan pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik.

Kasat Lantas mengatakan, para peserta uji SIM mengikuti praktik di lintasan yang telah direvisi sesuai dengan perubahan yang telah disusun oleh Satlantas Polresta Tanjungpinang.

"Lintasan uji yang baru ini dirancang untuk menguji keterampilan dan pengetahuan peserta uji SIM secara komprehensif dan mencerminkan kondisi lalu lintas yang sebenarnya di wilayah Tanjungpinang," jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, Satlantas Tanjungpinang menempuh upaya yang berfokus pada keamanan dan pengendalian agar seluruh kegiatan berjalan dengan lancar. Hal ini membantu memastikan para peserta uji SIM dan pengguna jalan lainnya tetap terlindungi dari risiko kecelakaan atau insiden yang tidak diinginkan.

Kasat Lantas menyatakan kepuasannya atas kelancaran pelaksanaan kegiatan perubahan lintasan praktik uji SIM. Serta menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim Satlantas dan petugas yang telah bekerja keras dalam menyiapkan dan menjalankan kegiatan ini.

"Dengan keberhasilan pelaksanaan perubahan lintasan praktik uji SIM ini, diharapkan kualitas uji SIM di wilayah Tanjungpinang dapat terus ditingkatkan. Upaya tersebut sejalan dengan komitmen pihak kepolisian dalam meningkatkan kesadaran dan keamanan berlalu lintas bagi seluruh pengguna jalan di kota ini," tutupnya.

Editor: Yudha