Pemko Tanjungpinang Launching 2 Kampung Moderasi Beragama
Oleh : Devi Handiani
Jum\'at | 04-08-2023 | 19:24 WIB
Kp-Moderasi-Beragama1.jpg
Kegiatan launcing kampung moderasi beragama bertempat di Aula Kecamatan Bukit Bestari, Jumat (4/8/2023). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang Muhammad Yatim menghadiri acara sosialisasi sekaligus launching kampung moderasi beragama bertempat di Aula Kecamatan Bukit Bestari, Jumat (4/8/2023).

Ada dua Kampung yang dilaunching menjadi kampung moderasi beragama yakni Kampung Nusantara, Kelurahan Sei Jang dan Kampung Kelam Pagi, Kelurahan Dompak.

Muhammad Yatim menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya launching kampung moderasi beragama yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang.

Menurutnya moderasi beragama sudah berjalan baik di Kota Tanjungpinang. Dibuktikan antar umat beragama di daerah ini sudah saling memahami dan saling menghormati.

"Selain itu nampak selama ini dalam menjalankan ibadah masing-masing agama tanpa saling mengganggu," katanya.

Dia berharap Kampung Moderasi Beragama di Kampung Nusantara dan Kampung Kelam Pagi memberi contoh dan teladan toleransi antar umat beragama.

"Kita harapkan Kampung Moderasi Beragama ini menjadi pilot projek dan bisa menjadi suatu yang baru untuk memperkuat nilai kebangsaan di Kota Tanjungpinang," imbuhnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang Ahmad Husein mengatakan, moderasi umat beragama merupakan program prioritas Kementerian Agama.

"Kampung Moderasi Beragama merupakan bentuk inisiasi yang luar biasa untuk saling menghormati antar umat beragama," ujarnya.

Ia menjelaskan, Moderasi Kampung Beragama bertujuan menghidupkan kembali nilai-nilai yang luhur sesuai dengan kekayaan dan muatan lokal di masyarakat.

"Jadi moderasi beragama itu bukan agamanya mau di moderasi. Tapi Menghidupkan kembali nilai-nilai yang luhur sesuai dengan kekayaan dan muatan lokal yang ada di suatu daerah," ujarnya.

Editor: Yudha