Sambut Hari Bhakti Adhyasa ke-63, Kejati Kepri Gelar Baksos dan Anjangsana
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 18-07-2023 | 17:52 WIB
Baksos-Anjangsana-Kejati1.jpg
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri Rudi Margono melaksanakan sejumlah kegiatan menyambut Hari Adhyaksa ke-63 tahun 2023. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri Rudi Margono didampingi Wakajati M. Teguh Darmawan melaksanakan kegiatan bakti sosial dan anjangsana ke rumah Purna Adhyaksa, Selasa (18/7/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh para Asisten dan Koordinator Kejati Kepri, Kajari Tanjungpinang, Kajari Bintan serta seluruh anggota Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) wilayah Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau.

Kunjungan pertama Kajati Kepri beserta jajaran menuju Panti Asuhan Al-Ibriz untuk memberikan bantuan berupa sembako dan bantuan uang tunai.

Pada sambutannya, Kajati menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan Panti Asuhan yang telah menerima kunjungan mereka dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 dan HUT IAD ke-XXIII Tahun 2023. Berharap kunjungan ini dapat memberikan semangat kepada anak-anak yang ada di Panti Asuhan serta seluruh Pegawai Kejati Kepri.

"Semoga apa yang diberikan dapat diterima dan semoga menjadi berkah bagi kita semua," jelasnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berkunjung (anjangsana) ke rumah Purna Adhyaksa yaitu Bapak Saiful Anwar Nasution dan Ibu Amsy.

Adapun tujuan Anjangsana adalah untuk terus menjalin silaturahmi dengan Pegawai yang sudah purna tugas atau pensiun, sehingga dengan demikian diharapkan dengan kunjungan ini dapat memberikan rasa kepedulian terhadap rekan kerja yang sudah pensiun.

Di akhir kunjungan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau dan Ibu Ketua IAD Wilayah Kepulauan Riau memberikan bingkisan kepada Purna Adhyaksa.

Selanjutnya Kajati beserta rombongan menuju ke Panti Asuhan Bina Insani Bintan untuk melakukan beberapa kegiatan seperti pembagian sembako, peresmian bantuan sumur serta pemberian Surat Akta Kelahiran.

Dalam kunjungan tersebut juga turut hadir Bupati Bintan yang diwakili oleh Sekda Bintan, Kepala Dinas Sosial Bintan serta Camat dan Lurah setempat.

Kajati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari salah satu tugas dan kewenangan Kejaksaan di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara antara lain terkait dengan hukum keluarga yang terkhusus seperti permasalahan perwalian atau pelayanan hukum terkait Akta Kelahiran.

"Hal ini sudah menjadi kewajiban bagi kita bahwa pembangunan hukum bukan hanya dapat dirasakan oleh masyarakat yang mampu namun juga oleh masyarakat rentan dengan cara pendekatan khusus dengan cara hadir langsung di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

Editor: Yudha