Selamatkan Jiwa dan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kopdar Kepri Bersama PSMTI Tanjungpinang-Bintan Gelar Donor Darah
Oleh : Devi Handiani
Senin | 17-07-2023 | 17:08 WIB
donor11.jpg
Donor darah Kopdar Kepri Bersama PSMTI Tanjungpinang-Bintan. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam menopang pembangunan nasional dan daerah, peran Ormas sangat dibutuhkan sebagai jembatan dalam memperjuangkan, dan membela kepentingan masyarakat termasuk pada bidang sosial, ekonomi dan kemanusiaan.

Paguyuban Sosial Marga Thionghua Indonesia (PSMTI) Tanjungpinang-Bintan yang sudah dibentuk pada tahun 2000 selalu konsisten dan bergerak maju dalam melaksanakan berbagai kegiatan sosialnya dalam membantu masyarakat.

Koordinator Pendonor Darah (Kopdar) Kepri Indonesia bekerja sama dengan PSMTI menggelar kegiatan donor darah dengan berupaya menghimpun darah pada pendonor untuk disalurkan kepada pasien rumah sakit yang membutuhkan. Kegiatan tersebut dilakukan di Kantor PMI Tanjungpinang, Jalan Rumah Sakit, Senin (17/7/2023).

Kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya sangat dibutuhkan agar ketersediaan darah di PMI selalu ada dan mampu memenuhi permintaan darah dari pasien. Sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pedonor, memberikan efek stimulus dan meningkatkan kesadaran bagi pedonor darah disediakan beras bagi pedonor dengan harapan semakin banyak pedonor baru yang bersedia mendonorkan darahnya.

"Harapan kami dengan kegiatan donor darah bersama Kopdar Kepri ini bisa mendapatkan sebanyak-banyaknya darah dalam membantu pasien yang membutuhkan. Pada bulan September 2023 PSMTI nanti, secara nasional dan serentak akan melaksanakan kembali kegiatan donor darah diberbagai daerah," ujar Ketua Harian PSMTI, Among/Hartojo.

Selain itu, Ketua Kopdar Kepri, Suryani mengatakan kegiatan donor darah juga bertujuan mengurangi calo-calo darah yang sudah menjadi rahasia umum ditengah masyarakat.

"Selama ini yang menghubungi kami dan komunitas pedonor lainnya, yang membutuhkan darah 80% adalah keluarga ekonomi menengah ke bawah. Dengan kegiatan ini kami berharap bisa membantu pasien yang membutuhkannya dan memutuskan mata rantai calo-calo darah," ujar Suryani.

Permintaan darah dari pasien di rumah sakit semakin tinggi, dengan kegiatan donor darah dan sosialisasi diharapkan akan bertambah pedonor-pedonor darah baru sehingga kebutuhan darah bisa tercover PMI Tanjungpinang.

Tampak pelajar SMK Maitreya kelas 12 mendonorkan darahnya, salah satu pedonor pemula,stanley menyampaikan bahwa dia tertarik mendonorkan darahnya setelah mendengarkan info dari temannya bahwa mereka tetap sehat setelah mendonorkan darahnya secara rutin.

Dokter Rowin Von Bora Kepala PMI Kota Tanjungpinang mengatakn kegiatan menghimpun darah melalui kegiatan donor darah di kantor PMI dan turun ke lapangan dengan mobil unit ke daerah-daerah rutin dilakukan PMI Tanjungpinang atas permintaan LSM/Ormas dan Organisasi pendonor darah.

"Selain bisa menyelamatkan jiwa dan masih banyak manfaatnya bagi pedonor. Yang jelas dengan kegiatan donor darah maka pasien yang membutuhkan darah terbantu dan pedonor sendiri bisa menikmati banyak manfaat," pungkasnya.

Bagi pedonor selain membantu orang lain, donor darah secara berkala ternyata memiliki segudang manfaat. Selain menyelamatkan jiwa orang lain yang membutuhkan transfusi darah dan anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah tidak tepat.

Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan dari mendonorkan darah, antara lain: menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko stroke, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan bisa mendeteksi beberapa penyakit serius.

"Jangan pernah ragu untuk mendonorkan darah karena setetes darah bisa menyelamatkan jiwa orang lain dan memiliki banyak manfaat bagi diri kita," tutup Djoni Janto, Ketua PSMTI Kota Tanjungpinang- Kabupaten Bintan.

Editor: Yudha