Perjuangan Cen Sui Lan Berbuah Manis, Pemerintah Alokasikan Rp 114 Miliar untuk Tanggulangi Banjir di Tanjungpinang
Oleh : Putra Pamungkas
Rabu | 27-04-2022 | 09:32 WIB
A-PERJUANGAN-CEN-.jpg
Perjuangan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar dapil Kepri, Cen Sui Lan untuk mengatasi banjir di Kota Tanjungpinang membuahkan hasil positif berupa alokasi anggaran Rp 114 miliar. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perjuangan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan, untuk mengatasi banjir di Kota Tanjungpinang membuahkan hasil positif.

Usahanya dalam menyuarakan aspirasi masyarakat Kota Tanjungpinang ke tingkat pusat mendapatkan respon baik. Pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 114 miliar di tahun anggaran 2022 untuk penanggulangan banjir di Tanjungpinang, dengan masa pengerjaan multiyear.

"Ini menjadi konsen serius saya untuk menuntaskan banjir di Kota Tanjungpinang. Saya akan gunakan intervensi, dengan anggaran Rp114 miliar itu," kata Cen Sui Lan saat ditemui di Kota Batam, Selasa (26/5/2022).

Selain itu, Cen Sui Lan juga mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu dirinya juga melaksanakan rapat bersama Tuti Sutiarsih Kepala BWS IV Kepri Ditjen SDA (Sumber Daya Air) Kementerian PUPR, Faisal Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Fasri Bachmid Kepala BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan Satker Perumahan Kepri BP3W Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, sejumlah pejabat Pemko Tanjungpinang serta Jarot Widyoko Dirjen SDA Kementerian PUPR.

Dari hasil kesepakatan antara Cen Sui Lan dan Jarot Widyoko diputuskan bahwa dialokasikan program di Kepri yang benar-benar urgence.

"Makanya saya pilih penanggulangan banjir Kota Tanjungpinang. Program penanggulangan banjir ini saya pilih agar Kota Tanjungpinang lebih maju lagi. Yang penting untuk tahun anggaran 2022 ini bisa dimulai, nanti saya mintakan multiyear kontram saja, karena menyerap anggaran cukup banyak," ujarnya.

Berdasarkan masukan dan perencanaan dari Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, nantinya disinergikan dengan pihak BWS IV Ditjen SDA (sebagai unor) menyiapkan penyempurnaan DED dan RAB-nya. Kegiatan ini meliputi 14 ruas drainase dan pengamanan pantai. Antara lain pembangunan ruas saluran drainase kawasan jalan bestari.

Kemudian pembenahan drainase kawasan Terminal Sei Carang di Kelurahan Air Raja. Drainase di kawasan Bintan Center. Drainase di kawasan Anggrek Merah. Drainase kawasan Bhayangkara. Drainase kawasan Puspandari dan Elang. Drainase di kawasan Tugu Tangan Kelurahan Air Raja. Drainase kawasan Jalan Sukaramai. Drainase di kawasan Ganet Center menuju Bintan Permai.

Selain itu, pembenahan drainase kawasan Kampung Mekar Baru Kelurahan Batu Sembilan. Drainase kawasan Bandara Asri. Drainase kawasan Kampung Wonoyno dan pengamanan pantai di Pulau Penyengat.

"Saya minta Pemko Tanjungpinang dan BWS IV Ditjen SDA Kementerian PUPR, bersinergi menyelesaikan teknis administasi program ini. Kebijakan politik anggarannya sudah saya selesaikan," tutupnya.

Editor: Yudha