AKP Firuddin Turun Langsung Padamkan Karhutla di Km 10 Tanjungpinang
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 22-02-2021 | 19:20 WIB
karhutla-Km-10.jpg
Proses pemadaman api di Hutan Km 10 Tanjungpinang Timur. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolsek AKP Firuddin turun langsung padamkan api yang mebakar lahan di wilayah Km 10 Tanjungpiang, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Namun dalam hal itu, Firuddin tidak sendiri. Ikut dibantu personelnya, petugas Damkar, serta warga sekitar.

Sebelumnya, Firuddin menerima laporan dari masyarakat telah terjadi kebakaran hutan (Karhutla) di wilayah hukumnya, sontak saja dia langsung merespon laporan tersebut, dan turun ke lokasi Karhutla.

"Begitu dapat laporan saya langsung mengecek lokasi, kobaran api saat itu sudah besar, reflek langsung memadamkan api dengan alat seadanya," ujar Firuddin, Senin (22/2/2021).

Tidak lama setelah itu, Petugas Damkar pun tiba di lokasi. Pemadam kebakaran tiba dan langsung melaksanakan pemadaman api yang membakar lahan kurang lebih 1 Ha tersebut dan kurang lebih 1 jam kemudian, api sudah dapat dipadamkan dengan semurna.

Soantak saja aksi Kapolsek Bersama Petugas Damkar langsung mendapat respon posotif dari warga sekitar.

Menurut Fiuruddin, penanganan kebakaran lahan dan hutan harus disikapi dengan serius baik siang atau malam, jam kerja ataupun hari libur. Karena jika penanganannya lambat selain dapat membahayakan kesehatan masyarakat juga dapat menimbulkan kerugian materi.

"Bisa saja jika lambat ditangani, dapat merusak rumah dan fasilitas lainnya dan beruntung kebakaran lahan ini belum sempat meluas dan sudah dapat ditangani," ucap Firuddin.

Selain itu, Firuddin juga masih menyelidiki pemicu terjadinya kerhutla diwilayah hukumnya. Ia berharap peran serta masyarakat untuk sama sama menjaga wilayah nagar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan.

"Terlebi sudah memasuki musim kemarau dan juga diharapkan peran masyarakat untuk melaporkan kepada Polisi atau Bhabinkamtibmas bagi siapa yang melakukan pembakaran lahan," timpal Firuddin.

Editor: Gokli