Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kobaran Api di Hutan Bandara Hang Nadim Padam, Arman: Aktivitas Penerbangan Tetap Normal
Oleh : Putra Gema
Senin | 22-02-2021 | 17:09 WIB
api-nadim.jpg Honda-Batam
Proses pemadaman api di hutan Bandara Hang Nadim Batam, Senin (22/2/2021). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kobaran api yang melahap hutan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandara Hang Nadim Batam akhirnya berhasil dijinakkan. Direktur Badan Usaha Bandar Udara Teknologi Informasi dan Komunikasi (BUBU TIK), Amran, membenarkan sejumlah titik api yang berada di hutan kawasan bandara telah padam.

Dijelaskannya, meski api sempat membesar dan mendekati depot pengisian bahan bakar pesawat udara (DPPU), saat ini telah berhasil dipadamkan. "Sudah padam, jadi sudah aman," kata Amran, Senin (22/2/2021).

Tidak hanya itu, api yang menyebabkan timbulnya asap tebal di wilayah Bandara Hang Nadim Batam juga dipastikan tidak menganggu aktivitas penerbangan. "Semuanya berjalan lancar dan tidak ada penundaan penerbangan," tegasnya.

Diketahui, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 13.40 WIB, berlokasi di Jalan Hang Tuah, depan Perumahan Dotamana, Kecamatan Nongsa.

Langkah cepat langsung diambil pihak kepolisian dan Damkar Pemko dan BP Batam. Diketahui sebanyak 4 unit mobil water canon, serta 3 unit mobil damkar diiturunkan untuk mengambil langkah cepat pemadaman api tersebut.

Pantauan di lokasi, api cepat membesar dan meluas ke berbagai arah dikarenakan angin yang kencang. Selain itu, minimnya pasokan air di lokasi tersebut diharuskan mobil tangki suplai air harus bergantian mencari sumber air.

Selain itu, arus lalulintas cukup terganggu dikarenakan angin yang kencang membuat jarak pandang pengendara hanya mecapai 3 meter dikarenakan asap yang sangat tebal.

Editor: Gokli