Atasi Banjir, Tahun Ini Dinas PU Tanjungpinang Normalisasi Sejumlah Drainase
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 18-01-2019 | 16:40 WIB
kam-nusantara2.jpg
Kondisi banjir yang melanda Kampung Nusantara, Kota Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungpinang Hendri, ST menambahkan, pada tahun ini Dinas PUPR Kota Tanjungpinang akan melaksanakan pekerjaan normalisasi drainase di Jalan Anggrek Merah, Bhayangkara, Jalan Sulaiman Abdullah, dan pembuatan outlet drainase di Jalan Kuantan.

 

Pembuatan drainase yang melintasi Jalan D.I Pandjaitan KM 7 (depan SPBU) pada bulan Maret akan dilaksanakan oleh Dinas PU Provinsi Kepri, dan pengerjaan outlet drainase hingga ke Jalan Kuantan akan dilaksanakan oleh Dinas PUPR Kota Tanjungpinang.

Untuk menangani permasalah banjir di Sukaberenang, pada tahun ini Dinas PUPR terlebih dahulu akan melaksanakan pembebasan lahan bersama tim apresial. Hal itu perlu dilaksanakan karena pembuatan outlet drainase dari Sungai Nibung Angus (sekitar Jalan Ir. Sutami) harus melewati pemukiman dan lahan milik warga.

Hendri membenarkan bahwa terjadinya genangan air ketika hujan pada umumnya terjadi di jalan milik Provinsi Kepri. Hal ini, kata dia, yang menjadi kendala penanganan genangan air di beberapa ruas jalan. Sebab Pemerintah Kota Tanjungpinang tidak dibenarkan menggunakan APBD Kota Tanjungpinang untuk mengerjakan jalan milik provinsi.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Kepri untuk menangani permasalahan genangan air di beberapa titik, terutama yang terjadi pada jalan dengan status milik provinsi. Seperti di Taman Batu 10, kita sudah minta agar dilaksanakan pelebaran drainase sampai ke Sungai Carang. Untuk beberapa titik lainnya, kita akan segera menginventarisir genangan-genangan air lainnya yang terjadi pada jalan milik provinsi," jelas Hendri.

Editor: Yudha