30 Rumah di Kampung Nusantara Tanjungpinang Terendam Banjir
Oleh : Roland Aritonang
Jumat | 18-01-2019 | 10:06 WIB
banjir-tpi.jpg
Kondisi banjir yang melanda Kampung Nusantara, Kota Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 30 rumah terendam banjir setinggi dada orang dewasa di Kampung Nusantara RT05/RW11, Kelurahan Seijang, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang.

Banjir yang terjadi di kampuang ini disebabkan hujan deras dari Kamis (17/1/2019) hingga Jumat (18/1/2019). Akibatnya, 30 kepala keluarga harus mengungsi ke tempat keluarganya yang berada di Kota Tanjungpinang.

Selain itu juga, Jalan Raya Dompak terganggu akibat banjir tersebut.

Adrianus, Ketua RT03/RW11, Kelurahan Seijang, Kecamatan Bukit Bestari mengatakan, sebanyak 30 rumah terendam banjir setinggi dada orang dewasa atau 1,5 Meter. "Tidak hanya itu saja, perabotan rumah dan beberapa kendaraan warga juga ikut terendam banjir," kata Adrianus.

Ia menjelaskan banjir ini diakibatkan oleh hujan deras yang mengguyur Kota Tanjungpinang dimulai dari dini hari tadi hingga pagi ini. "Motor, mobil dan perabotan rumah mereka habis terendam banjir," ujar Adrianus.

Menurutnya banjir di kampung ini sudah sering terjadi. Tetapi biasanya hanya banjir biasa saja, tidak separah ini.

Sementara Camat Bukit Bestari, Faisal Pahlevi memaparkan, untuk langkah ke depan pihaknya sudah mengusulkan dan sudah memprioritas masalah banjir ini. Jalan keluar dari permasalahan banjir di kampung ini tidak hanya diselesaikan di sini.

"Tetapi harus diselesaikan satu rangkaian mulai dari hulu sungai Sri Andana yang diperbaiki. Bukan hanya kampung ini saja," ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya akan mendata dan melaporkan siap saja yang terkena banjir ini ke BPBD Tanjungpinang yang menangani hal itu. "Minimal ada bantuan dari mereka," tutup Faisal.

Sampai berita ini diunggah masyarakat bersama aperatur Kecamatan Bukit masih melakukan gotong royong untuk membuang air supaya dapat mengalir dan mengurangi banjir di perkampungan itu.

Editor: Gokli