Buralimar Optimis Kunjungan Wisman Tahun 2018 Capai 2,4 Juta Orang
Oleh : Ismail
Selasa | 27-11-2018 | 15:16 WIB
buralimar-new.jpg
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri Buralimar optimistis jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kepri hingga akhir tahun 2018 mencapai 2,4 juta orang. Jumlah tersebut bahkan melampaui terget kunjungan 2,2 juta wisman.

"Kami optimistis jumlah kunjungan wisman yang datang ke Kepri tahun ini, akan melampuai target yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat itu," katanya, Selasa (27/11/2018).

Dipaparkannya, jumlah kunjungan wisman hingga September 2018 lalu mencapai sebesar 1,8 juta kunjungan. Dan saat ini pihaknya masih menunggu jumlah angka sesuai data dari BPS Kepri untuk Oktober 2018.

Apabila melihat dari intensitas masuk dan keluarnya wisman di empat pintu utama di Kepri yakni, Batam, Bintan,Karimun dan Tanjungpinang menunjukan peningkatan.

"Kita tunggu saja data rill dari BPS untuk Oktober. Dan apabila mengalami penurunan tidak sampai di bawah 200 ribu kunjungan," harapnya.

Buralimar juga menegaskan, keyakinannya itu berdasarkan hitung-hitungan data yang sudah masuk dan yang berjalan. Ia mengatakan, ada sisa masa hingga akhir tahun dan data yang belum masuk yakni tiga bulan, Oktober, November dan Desember nantinya.

"Biasanya kunjungan wisman diakhir tahun mengalami peningkatan yang luar biasa besar," katanya.

Lanjut kata Buralimar, jika tiga bulan terakhir ini bisa mencapai diatas 200 ribu tiap bulan hingga Desember nanti, Maka kunjungan wisman ke Kepri akan mencapai 2,4 juta kunjungan.

"Artinya angka itu sudah sesuai target. Kita justru optimistis jumlahnya akan lebih dari itu," ujarnya.

Ia juga menambahkan, di sisa masa dua bulan ini masih ada sejumlah event-event yang akan digelar baik di Bintan dan Batam. Untuk di Bintan masih ada dua dan di Batam ada beberapa. Event itu dikelola oleh pihak asosiasi dan CEO Nasional.

"Di Batam yakni pagelaran Batam Internasional Culture Carnaval dan di Bintan ada dua. Dan event itu jelas akan memberikan dampak pada peningkatan kunjungan wisman yang datang ke Kepri," tukasnya.

Editor: Yudha