Cashfollow APBD 2018 Kepri Tak Seimbang

Tunggak Hutang ke Pihak Ketiga, Serapan Anggaran Pemprov Kepri Baru 72 Persen
Oleh : Charles
Selasa | 27-11-2018 | 08:52 WIB
evaluasi_gub.jpg
Gubernur Kepri Nurdin Basirun memimpin rapat koordinasi dengan gubernur dan Sekda Kepri TS Arif Fadhilah (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) mengungkapkan, serapan anggaran keuangan APBD 2018 hingga 23 November 2018 telah mencapai 72 persen, sementara progress pelaksanaan kegiatan mencapai 79 persen.

Akibatnya, chasflow arus kas pendapatan dan belanja APBD Provinsi Kepri tidak seimbang. Hingga saat ini Pemerintah Provinsi Kepri masih menunggak sejumlah utang kepada pihak ketiga.

Kepala Biro Pembangunan Aries Fhariandi mengatakan, realisasi penyerapan anggaran berdasarkan skala Nasional, Kepri berada diposisi keenam dengan realisasi progress fisik 79 Persen. Kepri berada dibawah Sumatera Selatan, Yogyakarta, Gorontalo, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur.

"Hingga 23 November realisasi serapan anggaran APBD 2018 Kepri sudah mencapai 72.01 Persen sedangkan pekerjaan Fisik juga terus terprogres OPD yang mengerjakan proyek-proyek strategis masih terus berlanjut dan sejumlah kegiatan sudah ada yang selesai hingga 100 Persen," ujar Aries dalam rapat koordinasi dengan gubernur dan Sekda Kepri TS Arif Fadhilah, Senin,(26/11/2018).

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar segera menyelesaikan progam kerja dan kegiatan yang telah di anggarkan pada tahun 2018, mengingat waktu sudah memasuki akhir tahun.

"Tetap fokus dan tepat waktu, jangan sampai banyak kegiatan yang tidak tercapai dengan maksimal, hasil maupun penyerapan anggarannya,"ujar Nurdin saat memimpin Rapat Rutin OPD di ruang Kerjanya Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Pulau Dompak.

Apalagi menyangkut beberapa proyek strategis misalkan infrastruktur, Nurdin menginginkan hasilnya segera terlihat agar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Nurdin juga membahas terkait progres pengembangan kawasan Pulau Dompak. Nurdin juga meminta kepada pihak Satpol PP khususnya untuk menjaga kawasan Pulau Dompak, apalagi dibeberapa titik seperti Kawasan Tugu Provinsi yang telah selesai pengerjaanya dan sudah mulai di padati masyarakat.

"Agar dijaga terus kawasan tersebut agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, lebih baik mencegah sebelum terjadi, kita juga ingin masyarakat merasa nyaman dengan kawasan baru tersebut,"pesan Nurdin.

Senada dengan Gubernur, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah juga meminta semua OPD untuk terus pro aktif dalam menyelesaikan tugasnya.

"Apalagi sisa hari kerja yang hanya 24 hari, Jangan sampai terlambat dan semua kegiatan harus menampakan hasilnya,"ujar Arif.

Editor: Surya