TNI dan Polri di Tanjungpinang Kompak Galang Dana untuk Korban Gempa dan Tsunami
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 03-10-2018 | 09:40 WIB
lelang-lukisan.jpg
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi dan Dandim 0315/Bintan Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa saat melelang lukisan untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulteng. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kodim 0315/Bintan bersinergi dengan Polres Tanjungpinang mengumpulkan sebanyak Rp58.100.000 dan 1.490 kardus mie instan untuk disumbangkan kepada korban bencana alam gempa dan tsunami di Palu, Sigi serta Donggala, Sulawesi Tengah.

Penggalangan bantuan terhadap korban bencana alam ini digelar di Lapangan Makodim 0315/Bintan, Selasa (2/10/2010) malam.

Penggalangan dana ini tidak hanya dengan meminta sumbangan kepada seluruh FKPD Kota Tanjungpinang dan masyarakat yang datang melihat, tetapi penggalangan dana dan bantuan ini dilaksanakan dengan cara menampilkan lagu yang dinyanyikan trio sinergitas TNI dan Polri, Duet Kapolres Tanjungpinang berserta Dandim 0315/Bintan, serta penyanyi solo oleh Wakapolres Tanjungpinang.

Selain itu, juga dilakukan lelang lukisan yang berpola tali membentuk suatu lukisan yang indah dan bervariasi yang nilainya berkisar puluhan juta Rupiah.

Dandim 0315/Bintan, Letnan Kolonel Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa mengatakan, kegiatan dalam rangka amal, sebagai wujud rasa simpati TNI dan Polri untuk para korban bencana alam gempa dan tsunami di Sulteng. Dengan diwujudkan dengan sinergitas TNI dan Polri.

"Semua ini terselenggara atas dukungan dari bapak Kapolres kemudian disambut antusias komponen-komponen masyarakat yang ada di sini," ujar Bagus.

Menurutnya, bantuan dan dana ini nantinya segera diserahkan dan dikirim melalui angkutan laut dari Lantamal IV Tanjungpinang seperti KRI yang akan diberangkatkan ke lokasi bencana. Bantuan ini nantinya tidak ini saja, tetapi akan ditambah dari Korem 033/Wira Pratama dan Lantamal IV Tanjungpinang.

"Besok pagi kami akan serahkan melalui angkutan TNI AL kebetulan ada rencana Armada KRI yang akan berangkat ke lokasi bencana di Pelabuhan Tanjunguban," katanya.

"Seperti kita ketahui bahwa mereka sangat membutuhkan bantuan makanan sehingga itulah kenapa kita sangat untuk membantu mereka," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Tanjungpiang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi menambahkan, untuk penggalangan dana pada malam ini terkumpul sebanyak Rp58.100.000 dan untuk bantuan Pak Dandim lebih awal untuk mengumpulkan bahan kebutuhan sembako makanan cepat saji sebanyak 1.490 kardus mie instan.

"Donasi dari segenap komponen secara spontan dan terkumpul Rp58.100.000. Ini menurut saya luar biasa tanpa perencanaan Pak Dandim punya ide sore tadi langsung eksekusi dan nilainya sangat lumayan," katanya.

Menurutnya, ternyata saudara-saudara dan masyarakat yang ada di Tanjungpinang ini antusias dan peduli dengan sesama yang terkena bencana alam di sana dan yang saat ini sedang mengalami musibah. "Semoga mereka yang ada di sana mendapatkan kekuatan dan kiranya bantuan yang diberikan oleh sinergitas TNI dan Polri ini sedikit dapat meringankan beban mereka," tutupnya.

Editor: Gokli