Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puting Beliung Hantam 10 Rumah di Pulau Petong
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 16-08-2024 | 11:28 WIB
korban-puting-beliung.jpg Honda-Batam
Salah satu rumah warga Pulau Petong, yang hancur dihantam puting beliung pada Rabu (14/8/2024) sore. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Angin puting beliung menghantam sejumlah rumah warga di Pulau Petong RT02/RW03, Kelurahan Pulau Abang, Kecamatan Galang, Kota Batam.

Sedikitnya 10 rumah warga yang berada di pelantar mengalami rusak. Musibah ini terjadi pada Rabu (14/8/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Namun 3 unit rumah mengalami rusak parah.

Syafaruddin, salah satu warga yang rumahnya juga rusak karena hantaman puting beliung ini menceritakan, musibah ini terjadi saat lingkungan Pulau Petong, cuaca buruh hujan gerimis. Angin kencang berputar tiba-tiba datang dan menyapu rumah-rumah warga berderet di pesisir pantai.

"Bentar aja kejadiannya. 10 rumah hancur. Tiga rumah di antaranya hancur total, roboh sampai tanah. Untung tak ada korban jiwa. Lagi hujan gerimis waktu kejadian itu," tutur Syafaruddin, Kamis (15/8/2024).

Tiga rumah yang rusak parah ini milik keluarga Serlin, keluarga Lara dan keluarga Roni. Kejadian ini sudah dilaporkan ke pihak kecamatan dan hingga Kamis siang para korban masih menanti bantuan dan penanganan dari instansi pemerintah terkait.

Kapolsek Galang, Iptu Alex Yasral, membenarkan kejadian ini dan pihaknya sudah melakukan penanganan di lapangan. "Iya ada sepuluh rumah yang kena. Tidak ada korban jiwa atau yang terluka. Masih di lapangan ini kami, " ujar Iptu Alex.

Sementara Camat Galang, Ute Rambe, juga membenarkan kejadian tersebut. Sepanjang siang kemarin pihaknya masih melakukan pendataan di lapangan.

"Masih didata untuk kerugian dan segala macamnya. Kalau sudah siap akan kita laporkan ke Dinsos untuk langkah selanjutnya," ujar Rambe.

Editor: Gokli