Bawaslu Bintan Ajak Masyarakat Berperan Aktif Awasi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum\'at | 16-08-2024 | 12:28 WIB
Pengawasan-Partisipatif.jpg
Bawaslu Bintan meluncurkan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024 di Lapangan Relif Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur pada Kamis (16/8/2024) malam. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pilkada serentak 2024 tinggal menghitung bulan. Peran aktif masyarakat dalam melakukan pengawasan dibutuhkan, untuk menghasilkan pemilihan yang bersih, jujur dan adil.

Untuk mencapai hal itu, Bawaslu Bintan meluncurkan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024 di Lapangan Relif Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur pada Kamis (16/8/2024) malam.

Peluncuran Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024 ini dihadiri Bawaslu Kepri dan stakeholder terkait lainnya di Kabupaten Bintan.

Ketua Bawaslu Bintan, Sabrina Putra, mengatakan Pengawasan Partisipatif ini merupakan langkah awal bersama untuk mengawasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bintan. Di mana, peran masyarakat sangat berpengaruh untuk mengsukseskan pengawasan pada Pilkada 2024.

"Jadi tidak hanya lembaga-lembaga resmi pemerintahan, namun element masyarakat ikut berperan dalam memberikan pengawasan tehadap pelanggaran-pelanggaran Pilkada di Bintan," ujar Putra.

Putra mengingatkan, jika adanya terjadi pelanggaran selama Pilkada, untuk segera dilaporan kepada Bawaslu Bintan. Tentunya dengan bukti yang lengkap, seperti vidoe, gambar dan alat-alat bukti lainya.

"Jika ada temuan hal yang melanggar Pilkada di Bintan bisa melaporkan kepada Bawaslu Bintan," imbuh Putra.

Acara ini merupakan langkah awal untuk menyatukan komitmen bersama dalam melaksanakan pengawasan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Bintan. "Kami berharap dengan langkah ini bisa menghasilkan pemilihan yang berkualitas tinggi yang pada akhirnya melahirkan pemilihan yang beramanah dan berpihak pada masyarakat Bintan," harap Putra.

Editor: Gokli