32 Personil Lantamal IV Dapat Pembekalan Ilmu Dasar Intelijen
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 03-10-2018 | 08:52 WIB
intelejen_lantamal_iv.jpg

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Sebanyak 32 personil Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang mengikuti pembekalan ilmu dasar intelijen. Pembekalan intelijen ini digelar di Aula Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No. 1 Batuhitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (2/10/2018).

Staf Intelijen (Asintel) Danlantamal IV, Kolonel Laut (S) Tatang, mengatakan pembekalan ilmu dasar intelijen ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan fungsi Posal/Posmat sebagai pengindera dini dan pemgumpulan data intelijen maritim, sehingga dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan tugas di lapangan.

"Pembekalan ilmu dasar intelijen kepada personel pengawak Pos Angkatan Laut (Posal) dan Pos Pengamat (Posmat) yang berada di jajaran Lantamal IV," ujar Tatang dalam rillis yang dikirim oleh Dispen Lantamal IV Tanjungpinang

Menurutnya, keberadaan Posal dan Posmat adalah sebagai mata dan telinga fungsi intelijen, dimana pemilihan pendiriannya juga berdasarkan atas lokasi yang strategis serta pertimbangan fungsi ekskalasi ancaman yang mungkin terjadi.

"Sehingga diharapkan segala sesuatu yang yang terjadi dilingkup kerja Posal/Posmat bisa diawasi, dimonitor dan dilaporkan secara cepat, tepat dan relevan kepada Staf Intelijen," katanya

Tatang memaparkan dalam pembekalan tersebut para peserta diberikan beberapa materi diantaranya tentang Pengantar Intelijen oleh Mayor Laut (P) Toha, Peran dan Tupoksi Posal oleh Mayor Laut (T) Edy Surya Harahap.

Peredaran Narkoba Lewat Laut oleh Mayor Laut (P) M. Ichlas Thamsi dan Foto Jurnalistik oleh Kadsipen Lantamal IV Mayor Laut (KH) M. Samuel Pontoh serta Pemberdayaan Postensi Maritim oleh Aspotmar Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Arief Mediyanto.

Pembekalan Ilmu Dasar Intelijen ditutup Paban Ren Sintel Lantamal IV Letkol Laut (K) Karimudin, para peserta juga sempat menerima pengarahan yang disampaikan Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si tentang Pemberdayaan Posal/Posmat untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas kedepan.

Editor: Surya