Danlantamal IV Buka Kegiatan Membatik di Makodim 0316/Batam
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 03-10-2018 | 08:16 WIB
IMG-20181002-WA0022_(2).jpg
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksmana Pertama TNI R. Eko Suyatno tengah melihat ibu-ibu Dharma Pertiwi membatik dengan canting (Foto: Dispen Lantamal IV)

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksmana Pertama TNI R. Eko Suyatno membuka kegiatan membatik canting bersama Dharma Pertiwi Koordinator Cabang (Korcab) Kepulauan Riau (Kepri) Daerah A dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI tahun 2018 di Aula Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0316/Batam, Selasa (2/10/2018).

Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno mengajak seluruh peserta untuk ikut merasakan penderitaan serta mengingat dan memanjatkan doa sejenak kepada masyarakat Palu, Gili dan Donggala yang telah menjadi korban bencana gempa bumi dan tsunami, dan juga kepada seluruh Prajurit TNI yang sedang melaksanakan evakuasi korban bencana tersebut.

Eko menyampaikan, kegiatan membantik ini dilaksanakan secara serempak dan terpusat di Markas Besar TNI Cilangkap untuk memecahkan Rekor Muri membatik menggunakan canting, dan untuk wilayah Kepri dilaksanakan di Makodim 0316/Batam. Selain itu kegiatan ini juga untuk memperingati penetapan batik.

"Sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang telah ditetapkan UNESCO sejak 2 Oktober 2009," Ujar Eko dalam rillis yang dikirim Dispen Lantamal IV Tanjungpinang

Menurutnya kegiatan membatik canting ini dilaksanakan secara sederhana dikarenakan adanya musibah nasional yang melanda masyarakat Palu dan Donggala. Sebagai sesama masyarakat Indonesia, patut ikut merasakan penderitaan yang dialami saudara2 saudara yang ada disana.

"Sebagai sesama masyarakat Indonesia, kita patut ikut merasakan penderitaan yang dialami saudara saudara kita disana," katanya

Kegiatan membatik tersebut dihadiri Komandan Korem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., Komandan Lanud RHF Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan S.T., M.M., Komandan Kodim 0316/Batam Letkol Inf Edy Widyanto S. Sos serta diikuti ibu-ibu Dharma Pertiwi Korcab Kepulauan Riau Daerah A.

Editor: Surya