Resmi Jabat Kadis Koperasi dan UKM Kepri, Ini yang Bakal Dilakukan Agus Nawarman
Oleh : Ismail
Selasa | 02-10-2018 | 09:04 WIB
agus-diskop-ukm.jpg
Gubernur H Nurdin Basirun saat melantik Kadis Koperasi dan UKM serta Sekretaris Disdik Kepri di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (1/10/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Agus Nawarman, mantan Sekretaris DPRD Bintan akhirnya resmi dilantik Gubernur H Nurdin Basirun sebagai Kepala Disnas Koperasi dan UKM Kepri, setelah melalui tahapan open biddin, beberapa bulan lalu.

Usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Agus Nawarman mengatakan, akan langsung bekerja sesuai dengan tugas yang diamanatkan. Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan rapat internal membahas kelemahan dan kelebihan yang selama ini dihadapi Diskop UKM Kepri.

"Pertama-tama kita akan bereskan dahulu internal. Lalu, dilanjutkan dengan program-program yang telah disusun sebelumnya," ujar Agus, Senin (1/10/2018).

Ia mengungkapkan, untuk mengembangkan Koperasi dan UKM di Kepri ini, tidak hanya bisa dilakukan Dinas yang bersangkutan saja. Namun, perlu adanya koordinasi dari kabupaten/kota dan stakeholder yang lain, untuk berkomitmen memajukam industri kecil menengah di Kepri.

"Bagi saya, upaya mengembangkan industri kecil menengah ini bisa terbilang, 50 persen dari kantor, 20 persen koordinasi kabupaten/kota, 20 persen stakeholder dan 10 persen dari diri sendiri. Sehingga, sempurnalah 100 persen untuk Allah SWT," paparnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun berpesan, setelah pelantikan ini dirinya berharap kepada Kepala Dinas yang baru peka dalam membaca keadaan serta sigap dalam mengambil keputusan. Utamanya, harus saling berkoordinasi bersama kabupaten/kota dan stakeholder yang lain demi kepentingan masyarakat.

"Saat ini kita dituntut bekerja sigap dan cepat menjawab perkembangan zaman, menjawab kebutuhan masyarakat," ujar Nurdin, saat acara pelantikan di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Senin sore.

Selain itu, Nurdin mengungkapkan, keberadaan Diskop dan UKM sangat penting dalam mewujudkan kemandirian masyarakat untuk menumbuhkembangkan kemampuan dalam mencipatakan tatanan perekonomian rakyat yang tangguh.

"Karna UKM merupakan penjaga ekonomi yang kuat yang harus terus dibangun dan ditingkatkan," kata Nurdin.

Sebagaimana diketahui, sebelum dilantik Agus Nawarman menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri. Dirinya ikut menjadi salah satu peserta dalam pelaksanaan Open Bidding/lelang jabatan yang dilaksanakan Pemprov Kepri pada 4 April 2018 lalu.

Dalam Open Bidding tersebut ada enam jabatan strategis OPD Kepri yang dilelang. Yakni, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Hukum, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Restribusi Daerah (BP2RD), Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Editor: Gokli