Polres Tanjungpinang Siap Bantu Evakuasi Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 01-10-2018 | 14:16 WIB
latihan-sar-tpi1.jpg
Anggota Sabhara Polres Tanjungpinang latihan dasar SAR. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polres Tanjungpinang siap membantu pencarian korban bencana alam gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Hal ini disampaikan Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi saat mengikuti latihan kemampuan search and rescue (SAR) dasar yang dilaksanakan oleh Satuan Sabhara Polres Tanjungpinang, Senin (1/10/2018).

Ucok mengatakan mengatakan kemampuan SAR dasar untuk penanggulangan bencana alam di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan sekaligus untuk mengecek peralatan-peralatan Sar terbatas yang ada di sini.

"Seperti kegiatan penanggulangan evakuasi korban seperti diisitu ada naik turun tebing untuk membawa korban dan sekaligus kita mengecek peralatan-peralatan sar terbatas,"ujar Ucok

Menurutnya Kapolri sudah mengintruksikan agar satuan-satuan wilayah selalu siap siaga menghadapi bencana khusus untuk mengantisipasi bencana dan tsunami di Donggala. Jika suatu waktu diperintahkan untuk berangkat ke sana, pihaknya siap berangkat.

"Jika suatu waktu diminta untuk membantu kami siap untuk membantu saudara-saudara kita," katanya.

Selanjutnya pihaknya juga mempersiapkan peralatan perlengkapan sar untuk mengantisipasi untuk menyiapkan diri apabila ada perintah nanti di Kepri khusunya Polres Tanjjnhpomaji dimintai bantuan. Jadi pada hati ini digelar persiapan tersebut.

Di tempat yang sama, Kasat Sabhara Polres Tanjungpinang AKP Darmin menyebutkan kegiatan sar terbatas sebagaiaman tugas pokok Sabhara, mengemban fungsi untuk melaksanakan pertolongan sar terbatas. Jadi kali ini di Palu dan Donggala mengalami musibah.

"Jadi kami sebagai anggota polri kami siap membantu apabila dibutuhkan," katanya.

Kegiatan SAR terbatas diantaranya mengambil korban dari reruntuhan menggunakan alat pengungkit. Selain itu juga peralatan seperti tenda dan selimut.

Polres Tanjungpinang juga menggalang sumbangan untuk korban di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah sebagai salah satu bentuk nyata mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Diharapkan hasilnya dapat membantu meringankan beban korban.

Editor: Yudha