Admiral Resmi Jabat Ketua PN Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 28-09-2018 | 12:52 WIB
sertijab-pn-tpi1.jpg
Sertijab Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - H Admiral dilantik menjadi Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang menggantikan Joni yang dipromosikan menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Jakarta Selatan.

Pelantikan dilakukan Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru H. Adam Hidayat di ruang sidang PN Tanjungpinang, Jumat (28/9/2018).

Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru H Adam Hidayat mengatakan kepada pimpinan PN Tanjungpinang yang baru menjabat harus mampu membina dan berjalan sebagaimana telah dibangun oleh pimpinan lama dengan kerja keras memperoleh predikat akreditasi A excellent.

Oleh sebab itu, ia berharap apa yang telah dirintis oleh Ketua PN Tanjungpinang yang sebelumnya haruslah tetap di pelihara bahkan lebih perlu harus dipertahankan dan dikembangkan.

"Mempertahankan predikat akreditasi tidaklah mudah jika tidak dibarengi dengan komitmen," ujar Adam.

Menurutnya, seorang pemimpin harus memiliki 3U diantaranya Mau, seorang pemimpin harus memiliki kemauan yang keras untuk memajukan lembaga yang dipimpinnya. Kemudian Tahu, seorang pimpinan harus memiliki pengetahuan yang cukup. Ketiga adalah Mampu, sekarang pimpinan harus memiliki kemampuan khususnya mengorganisir kinerja seluruh bawahannya.

"Adam menjelaskan dirinya selaku pimpinan Pengadilan Tinggi Pekanbaru yang membawahi Riau daratan maupun Kepulauan Riau mengingat kepada saudara agar seluruh memahami dan memperhatikan hal tersebut agar tata predikat akreditasi A Excellent yang di raih dapat dipertahankan," terangnya.

Pembinaan yang harus dilakukan tidak hanya ditujukan sebagai fisik sistem yang telah dibangun dengan baik tetapi harus dilihat dari nilai karakter dan moral. Serta jangan pernah merasa bosan untuk terus selalu mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk menjaga prilaku dan martabat dan kehormatan lembaga peradilan yang dipimpin.

"Ekspektasi tuntutan masyarakat yang diidam-idamkan terciptanya peradilan yang bersih, semakin hari semakin kuat. Sehingga kita berkerja layaknya seperti wadah aquarium. Kita lihat pengadilan dewasa ini tidak senantiasa luput dari pantauan masyarakat," ucapnya.

Maka dari itu, Adam menyarankan kepada pemimpin PN Tanjungpinang yang baru dilantik agar senantiasa mengedepankan maklumat Mahkamah Agung RI Nomor 1 tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan hakim aperatur mahkamah agung dan badan peradilan.

"Apabila ada aparat pengadilan melanggar itu maka yang akan diberikan sanksi bahkan dipecat," tutupnya.

Editor: Yudha