Kapolda Perintahkan Semua Kapolres se-Kepri Indentifikasi Kerawanan Pemilu 2019
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 24-09-2018 | 20:04 WIB
perintah-kapolda.jpg
Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revinato didampingi Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolda Irjen Pol Andap Budhi Revianto memerinahkan semua Kapolres di Kepri untuk mengindentifikasi potensi kerawanan Pemilu 2019.

Hal ini disampaikannya usai mengikuti telekonfrensi dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang diselenggarakan di Ruangan Rupatama Mapolres Tanjungpinang, Senin (24/9/2018).

"Interuksi khusus yang pertama identifikasi kerawanan yang ada di wilayah masing-masing," ujar Andap.

Selain itu juga, Andap menyebutkan pihaknya bisa belajar dari pelaksanaan Pilkada 2014 dan Pilkada serentak 2018 di Tanjungpinang, hal itu bisa dijadikan referensi.

"Mari bersama-sama mengidentifikasikan berbagai potensi. Kemudian menentukan melakukan sinergitas, menyelesaikan secara bersama-sama dengan instansi lainnya yang berkompeten," katanya.

Sebagai bentuk penanganan, sambung Kapolda, akan dibut satu tempat yang dapat meredam suasana (sitem pendingin). Untuk proses teknisnya, segera dibicarakan.

"Jadi nanti jangan sampai over di dalam, dinamika menjadi memanas. Sehingga nanti akan dipanggil semua instansi apa masalahnya, selesaikan secara dini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tegas Kapolda.

Sebelumnya, Polda Kepri bersama seluruh instansi lintas sektoral mengikuti telekonferensi bersama Kapolri dalam rangka membahas tentang kesiapan di dalam pengamanan Operasi Mantap Brata Seligi 2018 yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

Telekonferensi diikuti TNI termasuk stakholder yang berkompeten seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Toko Pemuda, yang diselenggarakan di Ruangan Rupatama Mapolres Tanjungpinang, Senin (24/9/2018).

Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan, bersama dengan lintas instansi sektoral, pihaknya mengikuti telekonferensi dengan Kapolri dalam rangka membahas tentang kesiapan di dalam pengamanan Operasi Mantap Brata yang dilaksanakan secara serentak.

"Ini adalah operasi kepolisian terpusat yang mengidentifikasi berbagai potensi kerawanan yang ada, kemudian kami melakukan langkah-langkah sinergitas kepolisiannya," ujar Andap.

Editor: Gokli