XL Axiata Sediakan Layanan ICT di Kabupaten Lombok Utara
Oleh : Roni Ginting
Jumat | 16-08-2024 | 18:16 WIB
XL-ABS11.jpg
Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH, Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto dan Head Regional Enterprise & Channel Management XL Axiata, Varid Airlangga pada saat penandatanganan MoU penerapan beragam solusi atau ICT yang terintegrasi di Kantor Bupati Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (15/8/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Salah satu implementasinya adalah penyediaan jaringan smart system penerangan jalan umum (PJU), selain juga beragam solusi ICT untuk seluruh perangkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Pendandatangan kerja sama ekslusif dilakukan oleh Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH, dan Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto di Kantor Bupati Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (15/8/2024).

"Sebuah kebanggan bagi kami, dapat menjadi partner bagi pemerintah kabupaten Lombok Utara untuk penyediaan smart system PJU dan beragam solusi ICT untuk mewujudkan Kabupaten Lombok Utara sebagai smartcity dan #JadiLebihBaik. Melalui kerja sama ini kami akan membantu Pemerintah Kabupaten Lombok Utara untuk menerapkan SPBE secara optimal untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung proses pengembangan daerah Lombok Utara ke arah digital untuk semua sektor," ujar Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto dalam siaran pers, Jumat (16/8/2024).

Lebih lanjut Feby menjelaskan, dalam mendukung program smart city di daerah-daerah, XLABS memiliki kesiapan yang mencakup sumber daya, teknologi, hingga pengalaman dalam implementasi pelaksanaan program sejenis di sejumlah daerah di Indonesia. Kerja sama antara XL Axiata Business Solutions dengan Pemkab Lombok Utara meliputi penerapan beragam solusi atau ICT yang terintegrasi. Dukungan ini diharapkan mampu mengakselerasi program smartcity dan konektivitas di seluruh wilayah kabupaten hingga ke pedesaan Lombok Utara.

"Lombok Utara adalah salah satu wilayah tujuan utama pariwisata di Nusa Tenggara Barat, dimana dalam satu tahun bisa mencapai 1 juta orang. Oleh karena itu, kebutuhan teknologi informasi di Lombok Utara memang sudah harus hadir disini. Kerjasama dengan XL Axiata saat ini merupakan salah satu solusi untuk percepatan teknologi informasi digital untuk memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat. Harapan Kabupaten Lombok Utara menjadi salah satu wilayah smartcity bisa segera terwujud," ujar Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu.

PJU dengan menerapkan smart system memiliki kemampuan memonitor dan mengatur lampu-lampu penerangan jalan dalam satu lokasi tertentu secara nirkabel. Monitoring dan pengaturan lampu-lampu PJU tersebut dilakukan menggunakan komputer/laptop atau smartphone melalui jaringan 3G dan 4G. Implementasi sistem penerangan jalan pintar yang memanfaatkan teknologi untuk efisiensi energi dan pengelolaan yang lebih baik serta kemudahan dalam pengoperasian.

Selain PJU, Solusi ICT dari XLABS juga mencakup peningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Lombok Utara. Layanan tersebut dinamakan XL Axiata Akses Sehat yang merupakan perangkat kesehatan berupa alat medis portabel yang didukung oleh solusi pintar berbasis kecerdasan buatan dan IoT (AIoT) serta broadband connectivity dari XL Axiata. Perangkat ini dapat dimanfaatkan oleh fasilitas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, apotik, yang berada di Lombok utara dalam upaya detaksi dini dan pencegahan penyakit.

Kedepannya, kerjasama XLABS dengan Pemkab Lombok Utara juga memungkinkan penerapan sejumlah solusi IoT dan ICT lainnya di atas konektivitas XL Axiata.

XLABS Dukung Implementasi IoT Sektor Pertanian

Di Kabupaten Malang, Jawa Timur, XLABS turut berkontribusi dalam pengembangan digitalisasi di bidang pertanian, dengan ikut hadir dalam acara yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang. Acara ini mengusung Tema Implementasi Layanan IoT untuk tanaman melon dengan dihadiri oleh kelompok tani di beberapa daerah di Kabupaten Malang.

Dalam acara ini, XLABS menjelaskan tentang dukungan jaringan seluler dari XL Axiata yang digunakan sebagai sarana konektivitas oleh perangkat IoT di green house kelompok tani. Selain itu XL Axiata juga menyambut baik kemungkinan kerjasama ke depan guna mengembangkan solusi IoT untuk kemajuan sektor pertanian bersama Kominfo dan organisasi terkait dalam mengembangkan pertanian di Indonesia.

Untuk solusi dibidang pertanian, XLABS telah memiliki solusi precision farming diberi nama "XL Smart Hydroponics". Sesuai dengan namanya, solusi ini dibangun untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian yang menggunakan teknik hidroponik. Penggunaan solusi berbasis IoT ini terbukti berhasil mampu meningkatkan produktivitas petani hingga lebih dari dua kali lipat. Pengembangan layanan inovatif berbasis IoT ini merupakan bagian dari transformasi digital yang sedang XL Axiata jalankan.

Editor: Yudha