Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PLN Batam Fasilitasi Pelatihan Digitial Marketing Pelaku UMKM Batam
Oleh : Redaksi
Kamis | 15-08-2024 | 19:44 WIB
Pelatihan-UMKM-PLN1.jpg Honda-Batam
Pelatihan Digitial Marketing Pelaku UMKM Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT PLN Batam berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan UMKM di Kota Batam dengan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Digital Marketing dan Tata Kelola Pelaku Usaha UMKM.

Kegiatan ini terwujud berkat kolaborasi BUMN antara PT PLN Batam dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama Pemerintah Kota Batam dalam hal ini melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, pada Kamis (15/8/2024), di Gedung PLUT, KUMKM Raja Ali Kelana Kota Batam.

Pelatihan ini mengupas berbagai aspek penting seperti branding dan marketing, strategi penggunaan media sosial, serta praktik pembuatan strategi konten yang efektif, untuk meningkatkan kapasitas ekonomi digital para pelaku UMKM. Melalui pelatihan ini, peserta diajarkan cara membuat konten yang dapat menarik perhatian target pasar dan meningkatkan engagement.

Sekretaris Perusahaan PT PLN Batam, Zulhamdi dalam sambutannya mengatakan bahwa tugas PLN Batam bukan hanya memberikan pelayanan listrik yang prima dan andal. Namun juga dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat melalui program-program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"PT PLN Batam sebagai penyedia tenaga listrik di Kota Batam sangat mendukung pengembangan usaha di Pulau Batam. Mulai dari sektor Industri, Bisnis hingga sampai ke produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan produktivitas. Salah satu upayanya adalah dengan Pelatihan Digital Marketing," kata Zulhamdi.

Ia menjelaskan bagaimana dengan pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat memproduksi barang yang lebih baik. Begitu juga dengan tips dan trik untuk memfoto dan mengedit produk guna meningkatkan harga jual, mengoptimalkan berbagai fitur dari sosial media serta e-commerce dan lain sebagainya.

"Seperti yang kita ketahui, UMKM adalah salah satu pilar utama ekonomi nasional sekaligus salah satu faktor sangat berpotensi membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat. Maka dari itu, mari bersama-sama kita memberikan dukungan, perlindungan dan pengembangan seluas-luasnya sebagai wujud keberpihakan yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat," pungkas Zulhamdi.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Hendri Arulan mengapresiasi upaya PLN Batam dalam meningkatkan softskill para pelaku UMKM untuk dapat bersaing di era digital saat ini.

"Saya berharap dengan adanya Pelatihan Digital Marketing ini UMKM akan semakin mahir dalam memanfaatkan berbagai dunia digital khususnya penggunaan sosial media dan e-commerce untuk memasarkan produknya. Sebab saya yakin kualitas produk UMKM Kota Batam tidak kalah dengan produk lainnya, namun kadang strategi pemasaran yang sering kali masih belum optimal," beber Hendri.

Sementara itu, Lailatus Sa'adah, salah satu pelaku UMKM pemilik Kripik Pisang Coklat Lumer sebagai salah satu peserta pelatihan mengungkapkan rasa senangnya karena memiliki kesempatan untuk mengikuti pelatihan Digital Marketing dari PLN Batam.

"Kami merasa sangat terbantu karena melalui pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan kami dalam menjalankan bisnis, terlebih lagi narasumber yang dihadirkan selalu praktisi atau orang yang ahli dibidangnya. Lewat pelatihan digital marketing ini juga pelaku UMKM bisa memperluas jangkauan pasar. Produksi rumahan bisa punya jangkauan lebih luas. Terima kasih PLN Batam dan BRI," ujarnya.

Editor: Yudha