Anggaran Makan Siang Gratis Rp 71 T Masuk RAPBN 2025
Oleh : Redaksi
Jumat | 16-08-2024 | 19:44 WIB
Konfrens-RAPBN-2025.jpg
Menkeu Sri Mulyani resmi mengalokasikan anggaran program makan bergizi gratis sebesar Rp71 triliun dalam RAPBN 2025. (CNN Indonesia/Lidya Julita).

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani resmi mengalokasikan anggaran program makan bergizi gratis sebesar Rp 71 triliun dalam RAPBN 2025. Namun, kementerian yang mendapatkan mandat untuk menyalurkan diserahkan kepada Prabowo Subianto.

"Untuk program prioritas presiden terpilih makanan bergizi gratis yang Rp 71 triliun sudah ada di sini (RAPBN). Nanti akan dijelaskan dari tim makanan bergizi gratis yang saat ini terus disempurnakan," ujarnya dalam Konferensi Pers RAPBN 2025, Jumat (16/8/2024).

Menurutnya, anggaran yang ditetapkan di RAPBN 2025 hanya gambaran besar saja. Sementara, untuk detailnya akan dirinci dalam rapat komisi DPR RI bersama tim pemerintahan baru.

"Jadi saya mohon, untuk postur APBN ini amplop besarnya, tapi beberapa spesifik memang belum bisa dispesifikasikan karena nanti ada kabinet baru, itu ciri dari transisi itu," jelasnya.

Kendati, ia memastikan anggaran makan siang gratis tahap I Rp71 triliun sudah pasti dan akan tetap diberikan. Hanya saat ini masih menunggu tim Prabowo untuk detailnya.

"Tapi kami terus komunikasi hingga sampai ada keputusan politik atau badan ditunjuk, kita akan langsung setujui anggarannya. Jadi mohon sabar tema-teman. Nanti akan diumumkan sendiri oleh bapak presiden terpilih, siapa yang gunakan detail," kata dia.

Oleh karenanya, ia meminta untuk menunggu pembahasan final yang akan disampaikan tim pemerintahan baru.

"Jadi berbagai makanan gizi gratis itu tunggu agak sabar ya. Bukan berarti belum ada apa-apa, tapi memang bukan saya yang bergerak," pungkas Sri Mulyani.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha