Buka Rakorwasda Auditor, Isdianto Tekankan Semua Harus Terukur dan Jelas
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 28-08-2018 | 18:44 WIB
rakor-auditor.jpg
Wakil Gubernur Kepri, H Isdianto foto bersama sejumlah narasumber Rakor Auditor se-Provinsi Kepri di Hotel CK Tanjungpinang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tajungpinang - Wakil Gubernur Kepri, H Isidanto membuka rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Hotel CK Tanjungpinang. Ia berharap dari pelaksanaan Rakorwasda yang dilakukan akan menghasilkan auditor yang profesional, akuntabel dan mampu merumuskan program kerja yang positif.

"Dalam rangka menciptaan good goverment, maka semua kerja harus terukur, jelas dan bisa dievaluasi serta dipertanggungjawabkan. Terutama dalam bidang pengawasan. Ini adalah motor penggerak terciptanya tata pelayanan masyarakat yang baik," kata Isdianto, Selasa (28/8/2018).

Dalam menjalankan tugas, tambah Isdianto, pengawas juga sangat membutuhkan dukungan dari semua elemen pemerintahan, khususnya dalam upaya peningkatkan pengawasan di daerah.

"Intinya harus ada integritas dan keterpaduan dari seluruh sumber daya auditor yang ada. Dan saya katakan bahwa fungsi pengawasan ini setara dengan fungsi perencanaan dan pelaksanaan pembanguman. Pengawasan ini bagian dari sistem pengendalian dan bukan pemeriksaan yang semata-mata mencari kesalahan," tegasnya.

Melalui pengawasan yang terpadu dan ketat, kedepannya Isdianto berharap pelaksanaan pemerintahan di Pemerintah Provinsi Kepri bisa lebih bersih dan terbebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme.

Rakorwaswada auditor ini sendiri diikuti oleh para auditor Pemprov Kepri serta kabupaten/kota. Rakorwasda yang dilaksanakan Inspektorat Pemerintah Provinsi Kepri ini, juga disejalankan dengan rapat koordinasi para auditor se-Kepulauan Riau, dengan tujuan untuk mengefektifkan serta meningkatkan koordinasi antar inspektorat di tingkat Provinsi Kepri dan kabupaten/kota.

Selain itu, juga dalam rangka pembinaan para auditor agar bekerja lebih profesional, upaya menghindari overlaping hingga perumusan perencanaan program kerja kedepannya (2018-2021).

Rakorwasda Provinsi Kepri di hotel tersebut juga dihadiri pejabat inspektor wilayah III Dirjen Kemendagri RI Dr Elfin Elyas serta sejumlah auditor dari BPKP yang menjadi narasumber dalam Rakorwasda tersebut.

Editor: Gokli