Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Irup HUT ke-79 RI, Gubernur Ansar Ajak Wujudkan Nusantara Baru dan Indonesia Maju
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-08-2024 | 18:04 WIB
Ansar-HUT-RI1.jpg Honda-Batam
Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 yang dilaksanakan di Gedung Daerah Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 yang dilaksanakan di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (17/8/2024).

Upacara yang tahun ini mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" dimulai tepat pukul 07.30 pagi dan diikuti dengan penuh khidmat oleh pasukan upacara.

Hadir dalam Upacara ini Ketua TP-PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Forkopimda Kepri atau yang mewakili, Tim Percepatan Pembangunan, Pejabat Fungsional Utama, Para Staf Ahli, Asisten, dan Kepala OPD Pemprov Kepri, serta Pimpinan Instansi Vertikal.

Bertindak sebagai Perwira Upacara Mayor Inf. Istain Tamimi yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Seksi Operasi Korem 033/WP dan sebagai Komandan Upacara Letkol Inf. Gede Agus Dian Pringgana, Komandan Batalyon Infanteri 136/Tuah Sakti.

Putra putri terbaik Kepri yang telah lulus seleksi menjadi Paskibraka yang membentuk formasi 79 menunaikan tugas dengan baik sehingga prosesi pengibaran Bendera Merah Putih berjalan baik dan lancar.

Yang bertindak sebagai Penggerek Bendera adalah Ahmad Jabar Semidang Sakti dari SMAN 3 Batam, Pembentang Bendera adalah Arka Winata dari SMAN 1 Bintan Utara dan sebagai Pengulur Bendera adalah Muhammad Raka Pradifta Destura Siregar dari SMAN 4 Karimun. Adapun sebagai Pembawa Baki Adeline Amarilis Sumampouw dari SMAN 8 Batam.

Dalam pidatonya, Gubernur Ansar menyorot posisi Kepri yang memiliki 14 persen dari jumlah pulau yang ada di Indonesia yang menjadikan Kepri pelopor kemajuan NKRI sebagai "Permata Biru Ekonomi di Gerbang Utara Indonesia".

"Kedudukan Indonesia di mata dunia saat ini semakin diperhitungkan oleh negara lainnya. Sudah seharusnya bangsa Indonesia mampu berdiri tegak, penuh percaya diri menjawab berbagai tantangan dan melewati berbagai rintangan yang semakin tidak menentu pada era globalisasi saat ini," ujarnya.

Gubernur pun mengungkapkan apresiasi yang tidak terhingga, kepada semua pihak yang terlibat dalam proses percepatan pembangunan dan seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian kegiatan bulan kemerdekaan, yang mana kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras, tidak ada perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa.

"Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum berlabuh di labuhan akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak, tetap lanjutkan kobaran semangat juang demi terwujudnya “Nusantara Baru, Indonesia
Maju” melalui perwujudan kemajuan Kepulauan Riau," pungkasnya.

Usai menjadi Irup Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Kepri, Gubernur Ansar didampingi jajaran Forkopimda Kepri, Sekdaprov Kepri Adi Prihantara, serta para staf ahli dan Asisten mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI dari Istana Negara IKN melalui video conference dari Gedung Daerah Tanjungpinang,

Dari Istana, Presiden Jokowi yang bertindak selaku Inspektur Upacara kembali mengenakan pakaian adat. Kali ini Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengenakan pakaian adat Kustin asal Kutai, Kalimantan Timur.

Editor: Yudha