Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi, Kadisnaker: Pentingnya Peningkatan Kualifikasi Tenaga Kerja Kepri
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-08-2024 | 17:44 WIB
Pelatihan-Disnaker-Kepri1.jpg
Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi Disnaker Kepri. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau menggelar penutupan pelatihan berbasis kompetensi dan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) Bersama Perusahaan di Aula UPTD Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas (BLKPP) Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (16/8/2024).

Acara ini menandai berakhirnya serangkaian pelatihan berbasis kompetensi yang meliputi empat program utama, yaitu:
1. Pengelasan Plate Welder SMAW 3G-UP/PF
2. Pemasangan Instalasi Otomasi Listrik Industri
3. Service Sepeda Motor Injeksi
4. Junior Desain Grafis

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para peserta agar memenuhi standar industri dan siap bekerja di sektor-sektor terkait. Pada penutupan ini juga dilakukan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) antara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepri dengan sejumlah perusahaan terkemuka di daerah ini. Kesepakatan bersama ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama dalam hal pelatihan, sertifikasi, pemagangan, dan penempatan tenaga kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepri Mangara M. Simarmata, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peningkatan kualifikasi tenaga kerja di Kepulauan Riau agar dapat diserap oleh industri.

"Kualifikasi tenaga kerja di Kepri senantiasa harus ditingkatkan. Hal ini penting agar tenaga kerja kita mampu bersaing dan diserap oleh industri-industri yang ada, baik di dalam maupun di luar provinsi," ujar Mangara.

Mangara juga mengapresiasi komitmen perusahaan-perusahaan yang telah berperan aktif dalam mendukung program pelatihan ini dan memberikan kesempatan kepada tenaga kerja lokal.

"Saya sangat mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang terus berkomitmen untuk menyerap tenaga kerja lokal. Kerjasama ini menunjukkan bahwa industri kita memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi dan berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia di Kepri," tambahnya.

Penandatanganan MoA ini melibatkan beberapa perusahaan besar di Kepulauan Riau, antara lain PT. Bintan Alumina Indonesia, yang diwakili oleh Asisten Direktur Sui Meizhao, PT. Cahaya Anggun Segara yang diwakili oleh Direktur Bambang Irawan Ginting dan PT. Bintan Celuler Indonesia, yang diwakili oleh HR Supervisor Sri Panca Riris.

Kerjasama ini diharapkan dapat menciptakan lebih banyak peluang kerja bagi lulusan pelatihan dan memastikan tenaga kerja yang kompeten tersedia untuk memenuhi kebutuhan industri.

Dengan berakhirnya pelatihan ini diharapkan tenaga kerja di Kepulauan Riau semakin siap untuk menghadapi tantangan dunia kerja, serta industri dapat terus berkembang dengan dukungan tenaga kerja yang berkualitas dan terlatih.

Editor: Yudha