Fasilitas Rumput Stadion Dompak Mirip Gelora Bung Karno
Oleh : Ismail
Jum\'at | 24-08-2018 | 15:40 WIB
stadion-dompak11.jpg
Gubernur Kepri Nurdin Basirun tinjau pembangunan Stadion Dompak. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Konsultan pengawas Karya Harapan Architect, Septikamawan, menyatakan saat ini progress pembangunan tahap awal Stadion Internasional Dompak secara umum sudah mencapai 58 persen.

"Dengan rincian pekerjaan galian dan uruk 85 persen, pekerjaan stadion 35 persen, dan pekerjaan penunjang lainnya sudah 25 persen," katanya, Jumat (24/8/2018).

Dia menambahkan, konsep pembangunan lapangan sepak bola ini sejak awal memang dirancang untuk turnamen-turnamen besar, sehingga rumput yang dipakai pun mengikuti standar internasional. Seperti yang digunakan di stadion Gelora Bung Karno, Stadion Patriot dan Stadion Pakansari.

Selain itu, terhadap pembuatan lantai untuk lintasan atletik, mereka akan menggunakan bahan gravil (pecahan genting) yang dibeli dari daerah Jawa.

"Untuk pemeliharaan rumput lapangan sendiri tentu memerlukan aliran air, kita sudah minta izin ke Gubernur, menggunakan air DAM yang ada tidak jauh dari lokasi stadion," imbuhnya.

Secara global sesuai pagu anggaran 2018, untuk tahap awal ini stadion internasional Dompak terdiri dari lapangan sepak bola, safety area, pagar, lintasan atletik, drainase, lokasi parkir serta bangunan lima lantai yang menyediakan segala kebutuhan stadion (full house).

"Kita berharap cuaca cerah turut mendukung pekerjaan ini hingga selesai pada November mendatang, karena apabila hujan akan sangat menghambat proses penyelesaianya," harapnya.

Pembangunan tahap awal stadion Dompak sendiri dianggarkan pada APBD tahun 2018, senilai Rp19,3 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Ramawijaya dan konsultan pengawas Karya Harapan Architect, pekerjaan ini memakan waktu selama 210 hari.

Editor: Yudha