Nurdin Sebut Pemerintah akan Pacu Pertumbuhan Investasi Daerah dan Lapangan Kerja
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 09-08-2018 | 18:40 WIB
nurdin-pabrik-rokok.jpg
Gubernur Nurdin Basirun dan sejumlah pejabat di Kepri usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik rokok di Pulau Dompak, Tanjungpinang. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Nurdin Basirun menegaskan pemerintah akan terus berupaya melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan perekonomian Kepri.

Menurut Nurdin keberadaan parbik di kawasan Free Trade Zone (FTZ) Dompak nantinya banyak menghadirkan keuntungan yang signifikan.

"Selain pembangunannya akan menyerap tenaga kerja, kesejahteraan masyarakat akan meningkat seiring roda ekonomi yang bergerak maju," ujar Nurdin saat peletakan batu pertama pembangunan pabrik rokok PT Megatama Batu Karang Indonesia, di Kawasan FTZ Dompak, Tanjungpinang, Kamis (9/8/2018).

Nurdin ingin SDM di Kepri berdaya guna, keberadaan pabrik tentu menjadikan lahan pekerjaan. Untuk itu diharapkan anak daerah mendapat prioritas untuk mengisi posisi dan ikut berkerja dalam proses pembangunan.

Nurdin menambahkan, hal ini semua tidak bisa terlepas dari investasi. Untuk itu, Nurdin berharap bahwa persoalan investasi harus terus didorong, tujuannya agar pergerakan dapat berjalan dengan lancar.

"Agar pembangunan dapat berjalan selaras dan cepat," tambah Nurdin lagi.

Nurdin yakin dengan tumbuhnya satu pabrik di Dompak ini akan menggiring pembangunan-pembangunan lainnya. "Pemerintah akan terus mendorong, kerja sama semua pihak juga diperlukan untuk kelancaran proses tersebut," tutup Nurdin.

PT Megatama Batu Karang Indonesia sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi rokok di kawasan bebas. Pada 27 April lalu pihak perusahaan telah melakukan MoU bersama Pemko Tanjungpinang dan BP Tanjungpinang untuk berinvestasi dan mendirikan pabrik rokok di kawasan Pulau Dompak.

"Pabrik rokok ini sendiri nantinya akan berorientasi ekspor ke Malaysia dan Singapura," kata Dirut PT Megatama Batu Karang Indonesia, Sunadi.

Sunandi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi, Pemko Tanjungpinang, BP Tanjungpinang berserta instansi lintas sektroal lainnya atas dukungan sehingga pembangunan pabrik dapat mulai berjalan.

"Kesempatan diberikan kepada kami untuk ikut membangun perekonomian di Kepri," lanjut Sunandi.

Dalam pembangunannya seluas 16 Haktar tanah telah dibebaskan dan akan segera dibangun pabrik dengan total investasi sebesar Rp200 miliar dengan 4 tahap pengerjaan. Pada tahap pertama ini sebanyak 250-300 orang tenaga kerja lokal dikerahkan dalam pembangunan.

"Pelatihan keahlian tenaga kerja akan kami lakukan untuk memantapkan kemampuan para pekerja nantinya," tambah Sunandi lagi.

Editor: Gokli