Peringati Hari Anak Nasional, 13 Permintaan Anak Kepri untuk Pemerintah
Oleh : Redaksi
Kamis | 19-07-2018 | 09:28 WIB
misni-anak.jpg
Kepala DP3AP2KB Kepri, Misni. (Foto: Muhammad Abduh)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Peringatan Hari Anak Nasional yang gelar Pemerintah Provinsi Kepri di Lapangan Relief Antam Kijang pada Senin (16/7/2018) kemarin, terdapat 13 rekomendasi yang menjadi point-point penting hak anak, yang disampaikan anak-anak Kepri, kepada pemerintah.

Point-point penting tentang hak anak itu, dibacakan oleh salah seorang pelajar perwakilan dari SMPN 1 Kelas 8, Zafira Puan Adelin, bersama forum anak Provinsi Kepri kepada Gubernur H Nurdin Basirun.

Di antaranya yakni meminta peningkatan akses pelayanan pembuatan akta lahir dan kartu identitas anak, khususnya di daerah hinterland/pesisir. "Kami meminta agar masyarakat dilibatkan dalam pencegahan kekerasan anak dan pencegahan perkawinan usia anak," ujar Zafira, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Selanjutnya, tumbuhkan pola asuh ramah anak dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tingkatkan pengawasan terhadap peredaran narkotika dan psikotropika serta lindungi anak dari iklan rokok dan asap rokok.

"Anak-anak Kepri minta tingkatkan fasilitas kesehatan ramah anak dan perbaiki gizi anak menuju Kepri bebas stunting," lanjut Safira lagi.

Serta peningkatan akses pelayanan transportasi melalui pengadaan bus sekolah dan boat secara gratis untuk pelajar di Kepri. Tingkatkan akses dan fasilitas pembinaan bagi anak berkebutuhan khusus atau disabilitas.

Tingkatkan akses dan internet sehat disertai semangat literasi pada anak. Lindungi anak dari segala bentuk kekerasa. Meliputi kekerasan fisik, psikis, seksual, penelantaran, dan eksploitasi.

"Hentikan kegiatan perusakan lingkungan demi terwujudnya lingkungan yang ramah, aman, dan nyaman bagi anak," lanjutnya.

Perbanyak beasiswa bagi anak berprestasi dan kurang mampu, dengan pembuatan Kartu Kepri Pintar. Tingkatkan akses pembinaan bagi anak khususnya yang berhadapan dengan hukum.
Terakhir, curahan hati anak Kepri, meminta kepada pemerintah, agar meningkatkan peran forum anak dalam pembangunan Provinsi Kepri.

Suara hati anak Kepri itu, disampaikan atas nama forum anak Kepri, beserta forum anak 7 kabupaten/kota mewakili suara anak-anak Kepri.

Sementara itu, Gubernur Nurdin Basirun berpesan anak Kepri harus hebat. "Tanamkan semangat belajar demi meraih cita-cita dan impian," ujar Nurdin kepada ratusan pelajar di Kabupaten Bintan, yang hadir saat itu.

Dikatakan Nurdin, pemerintah akan selalu memberikan dukungan dalam segala hal untuk kemajuan dunia pendidikan, serta kelangsungan sekolah anak-anak yang ada di Kepri.

"Sarana dan prasarana pendidikan di 7 kabupaten/kota, akan terus dibenahi demi mewujudkan pendidikan Kepri yang lebih baik," kata Nurdin.

Sementara, Misni selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kepri, menjelaskan bahwa agenda Peringatan Hari Anak Nasional dipusatkan di Bintan.

"Di mana sebelumnya digelar di Batam," ujar Misni kembali.

Sebelum agenda puncak Hari Anak Nasional pada Senin (16/7/2018) ini, ada beberapa agenda yang sudah dilaksanakan. Pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan KB gratis, seminar cegah pernikahan usia anak, seminar generasi berencana.

"Kita berharap, usai peringatan Hari Anak Nasional ini, hak anak Kepri bisa dipenuhi dengan baik. Tak hanya itu, generasi Kepri maju dan berprestasi di segala bidang," pungkas Misni.

Editor: Gokli