GTRA Summit Karimun 2023 Membawa Semangat Kerja Percepatan Reforma Agraria
Oleh : Fredy
Rabu | 30-08-2023 | 08:04 WIB
AR-BTD-5006-Wamen-Raja-Juli.jpg
Wamen ATR/Wakil Kepala (Waka) BPN, Raja Juli Antoni saat memimpin acara Pra Penyelenggaran GTRA Summit Karimun 2023, di Aston Hotel Karimun, Selasa (29/8/2023). (Foto: Fredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar perhelatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2023, di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau yang akan berlangsung dari tanggal 29-31 Agustus 2023.

GTRA Summit Karimun 2023 mengusung tema "Transformasi Reforma Agraria: Mewujudkan Kepastian Hukum, Keberlanjutan Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat".

Kegiatan puncak GTRA Summit 2023 yang dilaksanakan di Hotel Aston Karimun akan dibuka secara resmi oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto pada, Rabu (30/8/2023)

Wakil Menteri (Wamen) ATR/Wakil Kepala (Waka) BPN, Raja Juli Antoni mengatakan, pada pertemuan puncak GTRA Summit 2023 di Karimun ini akan membawa semangat untuk bersama mewujudkan keadilan sosial tanpa terkecuali bagi masyarakat.

"Tujuan kita untuk keadilan sosial tanpa diskriminasi dan tanpa terkecuali, hendaknya segala regulasi dan kegiatan kita berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat," ujar Wamen ATR/Waka BPN, Raja Juli Antoni saat memimpin acara Pra Penyelenggaran GTRA Summit Karimun 2023, di Aston Hotel Karimun, Selasa (29/8/2023).

Raja Juli Antoni membahas pentingnya kerja bersama para pemangku kepentingan di bidang Reforma Agraria,hal ini sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo pada perhelatan GTRA Summit Wakatobi 2022.

Lanjut Wamen ATR/BPN, Presiden RI telah menegaskan agar mengesampingkan ego sektoral antar kementerian/lembaga yang kerap kali menjadi hambatan resolusi dan penyelesaian permasalahan Reforma Agraria.

"Melalui forum GTRA ini, saatnya kita hancurkan yang namanya tembok ego sektoral, kita dapat berkoordinasi, berkolaborasi, sehingga proses kita dalam mengerjakan tugas-tugas kerakyatan seperti Reforma Agraria ini dapat selesai dan dapat memberikan hasil-hasil yang produktif," paparnya.

Raja Juli Antoni menyampaikan bahwa dalam GTRA Summit 2023 ini, Menteri ATR/Waka BPN rencananya akan menyerahkan 36 sertifikat aset pemerintah serta menyampaikan Deklarasi Karimun yang dibacakan Menteri ATR/Kepala BPN

Selanjutnya Pak Menteri ATR Kepala BPN menuju ke Coastal Area Tanjungbalai Karimun untuk menyerahkan 2 035 sertifikat hasil program pendaftaran Tanah sistematis lengkap (PTSL).

Senada dengan Wamen ATR/Waka BPN, Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria, Dalu Agung Darmawan mengatakan GTRA Summit Karimun 2023 ini memiliki tujuan agar terbentuknya kerja sama antar pemangku kepentingan dalam percepatan Reforma Agraria. "Penyelesaian isu-isu Reforma Agraria dilakukan melalui sinkronisasi penataan aset dan penataan akses," ujarnya.

Dalu Agung Darmawan melanjutkan, seiring jalannya Reforma Agraria tak dipungkiri jika ternyata muncul tantangan-tantangan baru. Untuk itu, perlu adanya revitalisasi GTRA di segala lini, baik di tingkat pusat hingga di daerah.

"Nanti setelah terbitnya peraturan terkait percepatan Reforma Agraria, nanti akan melibatkan serangkaian langkah-langkah agar Reforma Agraria dapat berjalan lebih efektif dan efisien," tuturnya.

Tampak hadir dalam acara Pra Penyelenggaraan GTRA Summit Karimun 2023, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; serta peserta forum GTRA Summit Karimun 2023 yang berasal dari kementerian/lembaga terkait.

Editor: Dardani