Panglima TNI Mutasi 256 Pati, Termasuk Kapuspen TNI dan Kadispenad
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-07-2024 | 17:24 WIB
Mayjen-Nugraha1.jpg
Mayjen TNI Nugraha Gumilar. (detik.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar dan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi termasuk dalam 256 perwira tinggi (pati) TNI yang dimutasi berdasarkan surat Keputusan Panglima TNI (Jenderal Agus Subiyanto) Nomor Kep/851/VII/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Nugraha dimutasi menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan, dan Kristomei menjadi Komandan Resimen Taruna Akademi Militer (Danmentar Akmil).

Seperti terlihat dalam dokumen digital Salinan Skep Panglima, Sabtu (27/7/2024), jabatan Kapuspen TNI akan diisi Brigjen Hariyanto. Dia adalah Kasdam XVII/Cenderawasih. Sementara itu, jabatan Kadispenad akan diduduki Kolonel Wahyu Yudhayana. Wahyu sebelumnya menjabat Kapuskodalad.

Sebelumnya diberitakan Panglima TNI merotasi jabatan 256 pati TNI, baik dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), maupun Angkatan Udara (AU). Jenderal Agus juga merotasi Kasum TNI, Pangkostrad, dan Pangdam Jaya.

Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan, yang hendak pensiun, digantikan Letjen Richard Tampubolon, yang kini menjabat Pangkogabwilhan III. Jabatan Pangkogabwilhan III selanjutnya akan diemban Mayjen Bambang Trisnohadi, yang sebelumnya menjabat Pangdam Udayana.

Sementara itu, Pangkostrad Letjen Muhammad Saleh Mustafa dimutasi menjadi Irjen TNI. Sebagai gantinya, Pangdam Jaya Mayjen Mohamad Hasan ditunjuk sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad).

Kemudian jabatan Pangdam Jaya akan diisi oleh Mayjen Rafael Granada Baay, yang sebelumnya menjabat Pangdam Brawijaya. Pucuk pimpinan Kodam Brawijaya akan diduduki Mayjen Rudy Saladin.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha